Formappi sayangkan parpol menampung artis jadi caleg

Minggu, 28 April 2013 - 14:22 WIB
Formappi sayangkan parpol...
Formappi sayangkan parpol menampung artis jadi caleg
A A A
Sindonews.com - Koorninator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang menyayangkan masuknya publik figur (artis) ke daftar bakal calon anggota legislatif (bacaleg) tanpa melalui proses pembinaan terlebih dahulu di partai.

"Ada juga artis yang telah lama bergabung di partai baru menjadi caleg," kata Salang dalam pemaparan daftar calon sementara (DCS) bermasalah di kantor Formappi, Jalan Matraman, Jakarta Timur, Minggu, (28/4/2013).

Dia mengatakan, dari sembilan partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 kembali mengandalkan artis sebagai strategi mendulang suara pada pemilu mendatang.

"Partai Demokrat, Golkar (Golongan Karya), PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), PAN (Partai Amanat Nasional), PPP (partai Persatuan Pembangunan), PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), Gerindra (Gerakan Indonesia Raya), Hanura (Hati Nurani Rakyat) dan Nasdem (Nasional Demokrat) masih gunakan artis untuk dompleng kemenangan suara partai," tegas Salang.

Pada kesempatan itu dia mengatakan, berbeda dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Bulan Bintang (PBB), partai yang tidak memilii caleg dari kalangan artis.

"Namun belum ada penjelasan apakah ketiga partai dengan sengaja tidak merekrut artis atau artis yang tidak mau bergabung," terangnya.

Berikut daftar parpol penampung artis:

1. Partai Nasdem enam artis
2. PKB tujuh artis
3. PDIP lima artis
4. Golkar tiga artis
5. Gerindra sembilan artis
6. Demokrat lima artis
7. PAN sembilan artis
8. PPP empat artis
9. Hanura tiga artis
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9438 seconds (0.1#10.140)