TePI: Pengumuman bacaleg untungkan partai

Jum'at, 26 April 2013 - 18:24 WIB
TePI: Pengumuman bacaleg untungkan partai
TePI: Pengumuman bacaleg untungkan partai
A A A
Sindonews.com - Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI), Jeirry Sumampow mengkritisi sikap partai politik (parpol) yang tidak mendungkung langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU), dengan mengumumkan nama-nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) melalui website www.kpu.go.id.

Dia mengatakan, publikasi itu sebenarnya menguntungkan parpol-parpol itu, khususnya kader mereka yang mencalonkan diri lantaran mengetahui status terdaftar atau tidaknya dalam bacaleg.

"Harusnya orang-orang partai sendiri (yang diuntungkan), ada banyak teman-teman yang mendaftar tetapi tidak pernah tahu dapat nomor urut berapa," kata Jeirry dalam diskusi yang bertajuk 'Menakar Kredibilitas Caleg Dalam Nomer Urut Parpol' di Kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2013).

"Karena itu pengumuman membuat mereka senang dan lebih tahu nomor urutnya ada di mana," sambungnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pengumuman nama tersebut memiliki nilai positif, karena partai dapat lebih berhati-hati terhadap nama-nama ganda, sehingga mereka memiliki waktu untuk memperbaiki.

Selain itu, dengan publikasi bisa menghindari bacaleg yang tidak puas dengan nomor urut karena telah diumumkan sebelum daftar calon sementara (DCS).

"Ini satu hal positif dengan penguman ini, memang masih bisa berubah tetapi partai akan hati-hati. Karena perubahan nomor urut menimbulkan pertanyaan besar di masyarakat," tegasnya.

Terakhir kata Jerry, dengan pengumuman itu maka masyarakat juga diuntungkan karena mendapatkan masukan lebih awal dari nama-nama yang dicalonkan partai.

"Dengan pengumuman ini masyarakat akan melihat dan memberi masukan dengan memberi tahukan masukan, tentu setelah melalui website ini menjadi lebih awal. Masukan bisa ke KPU tetapi lebih strategi untuk parpolnya untuk bisa merubah calon mereka," tuntasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5913 seconds (0.1#10.140)