KPU siap coret nama caleg ganda

Kamis, 25 April 2013 - 13:04 WIB
KPU siap coret nama caleg ganda
KPU siap coret nama caleg ganda
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap mengambil langkah tegas jika diketemukan ada nama calon anggota legislatif (caleg) yang ganda. Mereka pun siap mencoret dari daftar Caleg jika tidak ada perbaikan dari yang bersangkutan selama proses menuju penetapan daftar calon tetap (DCT).

Komisioner KPU, Arief Budiman menegaskan, jika memang diketemukan dalam tahapan bakal caleg ada nama ganda, maka mereka masih memberi kesempatan untuk memperbaiki dan memilih satu partai politik (parpol).

"Kami akan beritahu di partai bahwa ada kandidat anda ada di partai ini sama dengan partai lain, silahkan saja. Apakah ini dihilangkan, atau dihilangkan dari dua partai tersebut juga silahkan," kata Arief saat berbincang dengan wartawan di ruang kerjanya, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2013).

"Mereka kan menyerahkan (perbaikan), kalau masih ada nama ganda juga kita coret nama tersebut dari daftar, karena sudah ada perbaikan. Walaupun satu partai di dua lembaga keterwakilan itu tidak boleh," lanjutnya.

Kendati demikian, Arief pun belum dapat menyebutkan nama-nama ganda yang masuk kepada pihaknya. Ini tak lain karena KPU masih melakukan verifikasi berkas bakal Caleg.

"Belum, kan masih tahap verifikasi kalau sudah 14 hari baru kita lakukan. Kita belum saatnya kita beri tahukan," tegasnya.

Sekadar informasi, ada satu nama yang di tempatkan dua parpol berbeda, yakni atas nama Tabrani Syabirin yang ada di Partai Gerindra dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1166 seconds (0.1#10.140)