Tim robot UGM juarai 2 kompetisi internasional

Rabu, 24 April 2013 - 14:19 WIB
Tim robot UGM juarai 2 kompetisi internasional
Tim robot UGM juarai 2 kompetisi internasional
A A A
Sindonews.com - Tim robot Universitas Gajah Mada (UGM), kembali menorehkan prestasi yang mengagumkan di tingkat internasional. Tim yang beranggotakan tiga orang mahasiswa itu berhasil menjadi juara di dua kompetisi robot di Amerika Serikat (AS).

Ketiga mahasiswa UGM itu yakni Malik Khidir (Fakultas Matematika-IPA), Agus B Budiyanto (Fakultas Teknik), Bachtiar C Permana (Sekolah Vokasi).

Tim tersebut berhasil meraih juara pertama untuk Fire Fighting Robot Berkaki Trinity Fire Fighting Robot Contest, yang diselenggarakan pada 6 sampai 7 April 2013 di Hartford City, Connecticut, Amerika Serikat.

Berikutnya, tim ini juga berhasil mendapatkan dua emas dan satu Perak di RoboGames 2013 Olympics of Robots pada 19 sampai 21 April 2013 di San Mateo, California, Amerika Serikat. Dua medali emas diraih untuk kategori Fire Fighting Robot dan Natcar Robot, sedangkan perak untuk kategori Balancer Robot.

“Prestasi mahasiswa kami ini cukup membanggakan Indonesia, karena berhasil meraih prestasi di tingkat internasional. Saat itu saya hadir dan menyaksikan langsung saat tim berlaga di Hartford, tapi saat si San Mateo, mahasiswa kami berlaga sendiri, tanpa pendampingan,” ujar Ketua Delegasi Tim Robot Indonesia sekaligus Dekan Fakultas MIPA UGM Pekik Nurwantoro, di Yogyakarta, Selasa (24/4/2013).

Pekik menuturkan, saat di Trinity robot contest, tim robot UGM mampu mengalahkan tim robot lain dari sembilan negara, di antaranya China, Amerika Serikat, dan negara di Eropa Timur.

Saat itu, beberapa peserta dari negara lain menyampaikan kekagumannya pada kemampuan robot Indonesia dan kreativitas tim robot dari UGM. ”Soalnya robot yang dibuat mahasiswa UGM bentuknya mirip laba-laba, sehingga dianggap cukup unik,” katanya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7057 seconds (0.1#10.140)