Orientasi PT saat ini persaingan antar negara

Selasa, 23 April 2013 - 13:12 WIB
Orientasi PT saat ini persaingan antar negara
Orientasi PT saat ini persaingan antar negara
A A A
Sindonews.com - Paradigma baru saat ini mengantarkan Perguruan Tinggi (PT) pada orientasi persaingan tidak hanya di level nasional, tapi juga internasional yakni persaingan PT antar negara.

Orientasi persaingan antar PT secara internasional inilah yang kemudian memunculkan konsep world class university (WCU).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pusat Edy Suandi Hamid, dalam Seminar Membangun Brand PT Mandiri Menuju WCU di Hotel Sheraton Yogyakarta, Selasa (23/4/2013).

Seminar tersebut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai Pergururan Tinggi Swasta (PTS) se-DIY ini diselenggarakan atas kerjasama Koran Sindo DIY bersama Aptisi DIY.

Edy mengatakan, tidak mudah bagi sebuah PT di Indonesia meraih predikat WCU. Namun, ketatnya persaingan di dunia pendidikan menyebabkan institusi pendidikan harus selalu mempersiapkan diri melakukan transformasi organisasi dan mencari keunggulan yang bisa menjamin eksistensinya.

"Akan tetapi, sebagai institusi pendidikan, PT tidak boleh melupakan tugas utamanya sebagai institusi publik yang menyelenggarakan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Edy Suandi, di Yogyakarta.

"Dalam mewujudkan WCU, tak hanya kerja keras dari seluruh pengelola PT, dukungan dari pemerintah melalui kebijakan juga sangat penting karena pendidikan harusnya menjadi prioritas utama," imbuhnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4756 seconds (0.1#10.140)