Peningkatan kualitas caleg harus jadi prioritas

Rabu, 17 April 2013 - 15:32 WIB
Peningkatan kualitas caleg harus jadi prioritas
Peningkatan kualitas caleg harus jadi prioritas
A A A
Sindonews.com - Pengamat Kepemiluan Ramlan Surbakti meminta agar Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 tidak sekadar memikirkan peningkatan jumlah keterwakilan perempuan, namun juga meningkatkan kualitas calon anggota legislatif (caleg).

Menurut dia, berkaca dari kinerja anggota DPR RI periode 2009-2014 yang dianggapnya masih buruk maka dalam pesta demokrasi tahun depan diharapkan kejadian tersebut tidak terulang.

"Kita harus fair peningkatan kualitas tidak hanya perempuan tetapi laki-laki juga, lihat saja hasil anggota legislatif kita di DPR bagaimana produk legislasinya," kata Ramlan dalam diskusi bertemakan "Quota Perempuan: Antara Kualitas dan Keharusan" di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2013).

Pria yang pernah menjabat sebagai Anggota KPU Pemilu 2004 ini pun mengklaim jika kualitas anggota DPR lebih baik untuk periode pemilihan di zamannya.

"Lebih baik Pemilu 2004 untuk kualitas anggota DPR-nya," katanya.

Karenanya, ia pun meminta agar pemilihan kali ini tidak hanya fokuskan mengenai peningkatan jumlah keterwakilan perempuan tetapi lebih kepada kualitas calon tersebut.

"Jadi bukan hanya jumlah dengan kualitas perempuan, tetapi laki-laki juga harus meningkat dalam hal ini integritas mereka yang juga harus ditingkatkan dalam pemilu kali ini," tuntasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6327 seconds (0.1#10.140)