Pembuluh darah cocok, operasi Cliff lancar

Selasa, 16 April 2013 - 04:01 WIB
Pembuluh darah cocok,...
Pembuluh darah cocok, operasi Cliff lancar
A A A
Sindonews.com - Ketua Dokter Tim Bedah transplantasi Ginjal Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr Ary Rodjani mengatakan, lancarnya operasi yang dilakukannya terhadap Cliff Yehezkiel Mambu (13), dikarenakan pembuluh darahnya baik Cliff maupun pendonor ginjal cocok terhadap Cliff. Bahkan, opersi tersebut berjalan normal sekira tiga jam setengah.

"Tidak ada beda antara operasi anak dan dewasa. Kita langsung buka dua kamar jadi ginjalnya langsung kami pindahkan ke tubuh Cliff," kata Ary saat di Temui di RSCM, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2013).

Dia mamaparkan, umumnya gagal ginjal itu terjadi dikarenakan peradangan gagal ginjal yang menyebabkan saringan-saringan (filter) ginjal tidak berfungsi. Biasanya gagal ginjal yang terjadi pada anak dikarenakan kuman.

Kendati demikian, kata dia, yang terjadi pada Cliff awalnya karena infeksi pernapasan dikarenakan amandel. kuman-kuman yang lebih kepada pembuluh darah ditangkap antibody dan menepel pada saringan ginjal.

"Komplemen tersebut disangka benda asing karena dia menempel pada kuman dan dimakan antibody sehingga ginjal itu menjadi rusak," terangnya.

Lanjut dia, kedepanya Cliff harus mengkonsumsi obat-obat seperti anti rejeksi seumur hidup. Setiap obat dipastikan mempunyai efek samping, tentunya kita akan menyesuaikan dengan dosisinya.

Saat ini tidak ada pantangngan untuk Cliff. Namun, Cliff harus menjaga pola makan dan tidak boleh berada disembarang tempat. "Pasca operasi ini dia tidak boleh berdekatan dengan orang influenza dan batuk. Makanan juga harus bersih," sarannya.

Saat di tanya, Clieff yang hobi bermain games mengatakan, tidak merasa sakit saat di operasi. Dia berharap besar nanti bisa meneruskan jejak ibunya sebagai pemilik bahan bangunan. "Sekarang rasanya lebih enak walaupun sedikit sakit," ucapnya.

Sebelumnya, RSCM Jakarta, telah berhasil melakukan operasi transplantasi ginjal terhadap seorang pasien yang bernama Cliff Yehezkiel Mambu (13), dengan biaya Rp300 juta.

Anak dari pasangan Sherly Mambu (30) dan James Mambu (38) itu telah mengalami gagal ginjal kronik stadium 5 sejak 2010 lalu. Sedangkan opersi itu dilakuakn pada 13 Maret 2013 lalu.

"Cliff telah mendapatkan donor ginjal dari seorang laki-laki yang berumur 21 tahun," ujar Ibunda Clif, Sherly yang ditemui di RSCM, Jakarta Pusat.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)