Legislator bermasalah jangan jadi caleg

Senin, 08 April 2013 - 07:07 WIB
Legislator bermasalah jangan jadi caleg
Legislator bermasalah jangan jadi caleg
A A A
Sindonews.com - Direktur Eksekutif Contitutional & Electoral Reform Centre (CORRECT) Refly Harun mengatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus cepat mengungkap keterlibatan anggota DPR dalam kasus Hambalang.

Menurutnya, jangan sampai anggota DPR tersebut terus menjadi wakil rakyat dengan menikmati fasilitas jabatan. Terlebih lagi sekarang musim pencalonan legislatif (Caleg). "Mereka yang bermasalah harusnya tidak lagi dicalonkan (oleh partainya)," ucap Refly saat dihubungi SINDO di Jakarta, Senin (8/4/13).

Refly melanjutkan, pemeriksaan sebagai tersangka Andi Mallarangeng nanti mudah-mudahan menjadi entry point untuk menguak keterlibatan pihak lain. KPK harus mendalami hal tersebut saat memeriksa mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu.

"Mudah-mudahan Andi Mallarangeng akan terbuka, paling tidak terhadap keterlibatan pihak lain di luar dirinya," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Refly mengungkapkan, agar KPK segera mentersangkakan oknum anggota Komisi X DPR yang terlibat kasus dugaan korupsi Hambalang.

Menurutnya langkah yang mesti dilakukan KPK untuk memperkuat dugaan keterlibat anggota Komsi X DPR adalah, mempercepat dan memprioritaskan penyidikan kasus ini. Jangan hanya berhenti sampai sosok terkenal. "Semua yang terlibat harus dijadikan tersangka," kata Refly.

Dia berpandangan, sebenarnya KPK sudah memiliki bukti-bukti untuk menjerat tersangka dari unsur Komisi X DPR. Apalagi sejumlah anggota DPR pernah diperiksa sebagai saksi kasus Hambalang.

"Bukti-bukti yang bisa menguatkan itu KPK mestinya sudah tahu. Bukankah sudah berulang kali anggota komisi X diperiksa, termasuk ketuaya saat itu," bebernya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0468 seconds (0.1#10.140)