SBY harus konsisten regenerasi kader

Senin, 08 April 2013 - 01:38 WIB
SBY harus konsisten...
SBY harus konsisten regenerasi kader
A A A
Sindonews.com - Permasalahan di Partai Demokrat belum sepenuhnya selesai, pasca terpilihnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Ketua Umum (Ketum) Demokrat.

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens mengatakan, untuk menormalkan kembali kondisi di partai tersebut, SBY harus mengutamakan figur muda dan tidak mengandalkan kader berusia tua.

"Untuk itu, pengurus baru perlu wajah baru yang segar. Butuh figur-figur muda yang bagus seperti Achasul Qosasih, Ramadan Pohan, Teuku Riefky Harsya, Didi Irawadi, Pasya Sukardi, Ulil, Didik Mukrianto, dan beberapa kader muda lainnya yang cerdas, simpatik, potensial, dan tidak dijamah kasus etik dan korupsi," ujarnya saat dihubungi wartawan, Minggu (7/4/2013).

Selain itu, kata Boni, SBY harus konsisten untuk menciptakan kaderisasi internal parpol. Sebab, regenerisasi penting untuk menciptakan kualitas parpol yang mumpuni dan berjaya di masa depan. "SBY harus konsisten dengan regenerasi politik seperti sudah dimulai di Kongres Bandung dulu," ujarnya.

Seperti diketahui, pasca Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat, jajaran elite partai tersebut nyaris diisi oleh kader-kader senior. Bahkan, hingga sekarang, terjadi polemik terkait Ketua Umum Demokrat dan pengurus harian yang rangkap jabatan.

Karena itu, Presiden SBY seharusnya mempertimbangkan memilih kader-kader muda Demokrat untuk duduk dalam kepengurusan. Setidaknya, ini langkah untuk merebut lagi peluang politik 2014.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)