86,4juta jiwa terdaftar PBI BPJS

Minggu, 26 Mei 2013 - 19:01 WIB
86,4juta jiwa terdaftar...
86,4juta jiwa terdaftar PBI BPJS
A A A
Sindonwes.com - Kementerian Kesehatan (kemenkes) menetapkan sebanyak 86,4juta jiwa penduduk Indonesia saat ini terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Pemerintah melalui APBN bahkan sudah menganggarkan dana sebesar Rp16,7 triliun pada penerapan program tersebut mulai tahun depan.

"Kerangka sudah disiapkan tinggal menunggu stakeholder untuk membuat aturan tentang PBI ini," ujar Wakil Menteri Kesehatan (wamenkes), Prof Ali Gufron Mukti disela-sela seminar nasional 'Health Insurance' di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Minggu (26/5/2013).

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran (FK) UGM tersebut, sebanyak 86,4juta jiwa penduduk yang ditetapkan sebagai PBI BPJS sebelumnya merupakan penerima Jaminan Kesehatan Masyarakat (jamkesmas).

Besaran subsidi pun sudah disepakati senilai Rp15.500 per orang. Sementara kebijakan untuk masyarakat non PBI belum disepakati sampai saat ini. Masih perlu koordinasi antara pemberi pekerja, kerja serta pemerintah.

"Pemerintah dalam ini akan memfasilitasi semua pihak sebelum menetapkan program non PBI karena BPJS ini konsepnya subsidi silang, bukan gratis untuk semuanya," tandasnya.

Di tingkat DIY sendiri, lanjut Gufron, Kemenkes menambah jumlah PBI sekitar 500.000 orang dalam program BPJS. Kebijakan serupa juga dilakukan di sejumlah daerah.

Selain kemenkes membuat peta layanan primer, termasuk menambah jumlah puskesmas. Kalau sebelumnya baru ada sebanyak 9.301 puskesmas di berbagai daerah, maka tahun ini sudah bertambah menjadi 9.500 puskesmas.

"Perbaikan dilakukan agar stakeholder bisa bersiap diri dalam menerapkan program ini," jelasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0842 seconds (0.1#10.140)