JPPR: Tahapan pencalegan sangat krusial

Jum'at, 22 Maret 2013 - 19:44 WIB
JPPR: Tahapan pencalegan sangat krusial
JPPR: Tahapan pencalegan sangat krusial
A A A
Sindonews.com - Tahapan pencalonan anggota legislatif (pencalegan) sangat penting. Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU), partai politik (parpol) dan masyarakat diminta untuk mencermati proses pencalegan itu. Alasannya untuk menciptakan wakil rakyat yang berkualitas.

"Sepakat pencalegan adalah suatu tahapan yang sangat krusial. Karena dari pencalegan ini outputnya akan keluar orang-orang yang akan menyelenggarakan negara ini," kata Koordinator Jaringan Pendidikan Politik Untuk Rakyat (JPPR) Yus Fitriadi di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2013).

Pada kesempatan itu dia mengatakan, penyaringan caleg berkualitas sangat penting dilakukan oleh penyelenggara pemilu. Soalnya, parpol hingga kini belum mampu menjalankan peran politik mereka, seperti memberikan pendidikan politik bagi setiap calonnya.

"Kita melihat parpol tidak diorientasikan. Tidak kuat dalam menjalankan peran-peran piolitiknya," katanya.

Dia mengakui, pentingnya penyaringan caleg karena Indonesia saat ini tengah mengalami permasalahan demokrasi di internal partai, karenanya, peran penyelenggara pemilu sangat diperlukan. "Sehingga akan berat dalam tahapan pencalegan," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9612 seconds (0.1#10.140)