IPW desak agar Densus 88 dibubarkan!

Sabtu, 02 Maret 2013 - 17:19 WIB
IPW desak agar Densus...
IPW desak agar Densus 88 dibubarkan!
A A A
Sindonews.com - Indonesian Police Watch (IPW) mendukung penuh peleburan pasukan Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri ke dalam Satuan Brimob. wacana ini mencuat menyusul banyaknya keluhan masyarakat terhadap sikap dan perilaku anggota Densus 88 yang arogan.

"Banyaknya keluhan terhadap sikap dan prilaku Densus 88 ditambah makin surutnya isu-isu terorisme, IPW menilai sudah saatnya Densus 88 Anti Teror dibubarkan. Jika suatu saat ada isu teror cukup Brimob yang turun tangan," ujar Ketua Presidium IPW, Neta S Pane melalui rilis yang diterima Sindonews, Sabtu (2/3/2013).

Neta menuturkan, IPW yang diminta memberikan pembekalan kepada para kasat Brimob dari seluruh Indonesia dalam Rakernas Brimob di Pusdik Brimob di Watukosek, Jawa Tmur pada akhir Februari 2013,

"Kami mengusulkan dan mendesak agar Densus 88 dibubarkan serta dilikuidasikan ke dalam Brimob. IPW berharap usulan tersebut segera dipenuhi elit-elit Polri,"

Menurut Neta dugaan pelanggaran HAM oleh anggota Densus 88 sebenarnya bukan hanya kali ini diketahui publik. "Selama ini sebenarnya sudah banyak keluhan publik terhadap sikap dan perilaku Densus 88," tegas dia.

Keluhan tersebut, ujar Neta, antara lain menyoroti anggota Densus yang cenderung menjadi algojo ketimbang sebagai aparat penegak hukum.

"(Kalau aparat hukum seharusnya) melumpuhkan tersangka untuk kemudian dibawa ke pengadilan," kata dia. Jika kinerja Densus selalu mengarah pada pelanggaran hukum, Neta menyarankan Polri membubarkan pasukan antiteror berlambang burung hantu itu.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0652 seconds (0.1#10.140)