Verifikasi parpol hanya kamuflase

Jum'at, 15 Februari 2013 - 15:26 WIB
Verifikasi parpol hanya kamuflase
Verifikasi parpol hanya kamuflase
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), KH Choirul Anam mengatakan, sejak awal verifikasi partai politik (Parpol) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya kamuflase.

Menurut dia, jika proses verifikasi dilaksanakan dengan baik, maka tidak ada satu pun parpol yang lolos menjadi peserta Pemilu 2014. Namun yang terjadi, verifikasi yang dilakukan KPU sangat selektif.

"Artinya verifikasi partai politik ini hanya kamuflase, sebab kalau dilaksanakan sesuai undang-undang, tidak ada yang lolos," jelas pria yang akrab disapa Cak Anam ini dalam diskusi dan bedah buku "Skandal Imam Bonjol" di Kantor DPP PKPI, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/2/2013).

Cak Anam menegaskan, komentar yang ia sampaikan bukan tanpa bukti, dia mengungkapkan kalau ada anggota DPR yang mengatakan, sejak awal yang akan menjadi peserta Pemilu hanya 10 partai.

"Ini sudah skenario, saya tahu dari Akbar Faisal. Waktu itu memberikan alternatif undang-undang pemilu. Partai nanti (peserta Pemilu) hanya 9+1. Sembilan parpol senayan, satu yang dekat dengan senayan, dan ternyata NasDem yang lolos," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sekalipun 18 parpol diberikan kesempatan untuk mengikuti verifikasi faktual, maka seluruhnya tidak akan lolos.

"Meskipun 18 parpol pertama dipulihkan hak konstitusi untuk ikut verifikasi, toh nyatanya tidak ada yang lolos," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5534 seconds (0.1#10.140)