Usung capres, Parpol Islam bersatu

Minggu, 10 Februari 2013 - 17:32 WIB
Usung capres, Parpol Islam bersatu
Usung capres, Parpol Islam bersatu
A A A
Sindonews.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) siap membuka diri dengan partai politik (Parpol) berbasis Islam untuk mengusung calon presiden (Capres) hasil dari koalisi mereka.

"Kita bisa mengusung calon presiden sendiri dari Parpol Islam, kan ada PPP (Partai Persatuan Pembanungan), PKS (Partai Keadilan Sejahtera (PKS), atau mungkin PAN (Partai Amanat Nasional) meski dia sudah punya Pak Hatta tetapi kita bisa merumuskan itu," jelas Ketua Fraksi PKB MPR, Lukman Edi, di Dapur Selera, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (10/2/2013).

Hal itu pun disambut poisitif oleh PPP, menurut dia bisa saja Parpol Islam bergabung untuk menentukan Capres sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lainnya. Kendati demikian dirinya masih menunggu kondisi yang tepat hingga bisa berkoalisi menentukan Capres.

"Saya meyakini politik itu kan bisa saja, kalau memang terpaksa bisa menyikapi rasional untuk bergabung (mengusung Capres). Tetapi kalau keadaan memaksa," jelas Sekjen PPP, Rommy Romahurmuziy di tempat yang sama.

Untuk itu, Rommy pun menyarankan agar mulai saat ini partai Islam membangun komunikasi satu sama lain, tetapi dia menyarankan dalam pertemuan itu untuk tidak pembahasan Capres lebih dahulu.

"Tidak tertutup kemungkinan, seperti Partai Masyumi waktu itu. Tetapi soal format nanti dulu, jangan bahas siapa calon presidennya, tetapi kita komunikasi saja dahulu," tegasnya.

"Akan sangat mungkin ini terjadi, apakah merger atau konfederasi, atau pengusungan join president begitu," pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7653 seconds (0.1#10.140)