Dana yang masuk ke parpol, gunakanlah secara bijak

Minggu, 27 Januari 2013 - 14:14 WIB
Dana yang masuk ke parpol, gunakanlah secara bijak
Dana yang masuk ke parpol, gunakanlah secara bijak
A A A
Sindonews.com - Pengamat politik dari Universitas Padjajaran Yudi Latief mengatakan, tidak menyalahkan jika uang menjadi sumber utama partai politik (Parpol) dalam meraih suara dan kemenangan.

Namun menurutnya, ada baiknya uang yang masuk ke parpol digunakan secara arif, karena hal itu diatur juga di dalam Undang-undang (UU) Pemilihan Umum (Pemilu).

"Karenanya, harus uang ini lebih ramah. Bukan berarti orang banyak duit tidak boleh masuk ke partai politik. Tetapi uang yang masuk ke parpol, itu orientasinya harus melayani kehidupan publik," ucapnya dalam diskusi Yellow Forum for Young Leader dengan tema Urgensi penguatan demokrasi Indonesia di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (27/1/2013).

Seperti diberitakan sebelumnya, Yudi mengemukakan, hingga saat ini uang menjadi salah satu alat pemenangan utama parpol, dan mengenai hal itu belum ada pembatasan dalam UU Pemilu.

"Sejauh ini undang-undang Pemilu kita belum menyentuh aspek-aspek penting. Karena selama ini sumbernya parpol untuk menang masih pada uang," ujarnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9131 seconds (0.1#10.140)