Parpol diprediksi sepi peminat di Pemilu 2014

Minggu, 27 Januari 2013 - 08:58 WIB
Parpol diprediksi sepi peminat di Pemilu 2014
Parpol diprediksi sepi peminat di Pemilu 2014
A A A
Sindonews.com- Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) Profesor Iberamsjah memprediksi, sepuluh partai politik (Parpol) yang lolos akan sepi peminat pada Pemilu 2014. Hal itu disebabkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap parpol yang ada di Senayan sudah terbangun lima tahun terakhir.

"Parpol yang lolos kan itu-itu lagi. Perilakuanya udah ketahuan selama ini seperti apa. Saya pikir peluang 10 parpol ini mendulang suara tipis," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Minggu (27/1/2013).

Ia menjelaskan, skeptisme masyarakat itu muncul berkaca pada perilaku anggota DPR yang berada di Senayan. Wakil rakyat yang diharapkan berjuang untuk kepentingan masyarakat banyak terlihat lebih banyak bekerja untuk kepentingan pribadi atau parpol semata.

"Kerjaannya wakil rakyat banyak yang jadi makelar proyek, buang-buang uang rakyat dengan plesiran ke luar negeri, belum lagi yang kena kasus korupsi. Apa yang dipertontokan anggota DPR lewat media semakin mempertebal skeptisme masyarakat terhadap parpol," ujarnya.

Lebih parah lagi, kata Iberamsjah, skeptisme itu akhirnya bergeser menjadi distrust kepada parpol. Menurutnya, distrust terhadap parpol akan membuat angka golongan putih (golput) bertambah signifikan pada Pemilu 2014.

"Jujur aja saya melihat tidak ada parpol yang benar-benar menonjol pada pemilu mendatang. Karena sudah muncul sikap distrust di masyarakat. Kalau udah nggak percaya sama parpol, gimana ada yang mau milih. Parpol selama ini lupa kalau kepercayaan itu mahal harganya," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6465 seconds (0.1#10.140)