Sistem politik dan partai politik harus dibenahi

Senin, 21 Januari 2013 - 14:34 WIB
Sistem politik dan partai politik harus dibenahi
Sistem politik dan partai politik harus dibenahi
A A A
Sindonews.com- Menuju pertarungan politik 2014 sistem politik dan partai politik (parpol) wajib berbenah diri. Upaya pembenahan diri tidak hanya menjadi tanggung jawab parpol dan pelaku politik, tapi juga semua pihak termasuk masyarakat.

"Sistem politik di Indonesia seperti mengharuskan siapapun yang ingin duduk di jabatan strategis wajib terlibat dalam parpol. Mulai dari presiden, wakil presiden, anggota DPR/DPRD, menteri dan lain-lain. Hal ini membuat sistem politik dan parpol harus dibenahi bersama. Agar pemimpin yang lahir benar-benar berkualitas," ujar Peneliti Lembaga Survei Indonesia Burhanuddin Muhtadi di UII, Yogyakarta, Senin (21/1/2013).

Dalam dialog kepemimpinan ini, Burhanuddin mengatakan, pemimpin yang berkualitas haruslah pemimpin yang transformatif. Namun dengan kondisi tanpa pembenahan parpol saat ini, ia takut yang akan lahir justru pemimpin yang transaksional.

Untuk mencegah hal tersebut, ia mulai membujuk orang-orang baik yang berkualitas agar mau masuk dalam parpol. "Parpol memiliki tanggung jawab melahirkan leader, bukan dealer. Karena itu, parpol sendiri tidak boleh menutup diri dari orang berkualitas yang bukan dari kalangan parpol. Jangan hanya melihat para kadernya saja," tegasnya.

Burhanuddin mengungkapkan, seorang pemimpin yang baik ialah pemimpin yang memiliki pengaruh besar. Pemimpin berpengaruh berarti mampu melakukan penataan yang baik. Namun kenyataannya, pasca reformasi lalu, Indonesia hanya dijejali pemimpin-pemimpin layaknya seorang pemimpin upacara, tak miliki pengaruh apapun.

"Tak hanya itu, seorang pemimpin juga harus bisa berpikir out of the box. Mampu memikirkan penyelesaian persoalan negara dan memberikan stimulasi bagi para masyarakatnya. Dan syarat penting lainnya ialah pemimpin tidak boleh membangun tameng dengan masyarakatnya," imbuhnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5859 seconds (0.1#10.140)