Pemilu 2014 akan didominasi partai nasionalis

Kamis, 17 Januari 2013 - 07:03 WIB
Pemilu 2014 akan didominasi...
Pemilu 2014 akan didominasi partai nasionalis
A A A
Sindonews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan sepuluh partai politik (Parpol) yang menjadi perserta pemilu 2014 beserta nomor urutnya. Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto menilai, Pemilu 2014 akan menjadi pertarungan parpol yang berbasis nasionalis.

"Menurut saya peta sepuluh parpol yang lolos verifikasi itu menunjukkan pertarungan senyatanya akan terjadi di tengah, yakni di antara parpol nasionalis seperti Demokrat, Golkar, PDIP, Nasdem, Gerindra," ujar Gun Gun ketika dihubungi Sindonews, Kamis (17/1/2013).

Berdasarkan prediksi Gun Gun, jika pada Pemilu 2009 Partai Demokrat menempati posisi teratas, kali ini kecenderungannya akan mengalami penurun. Bahkan penurunannya diperkirakan sekitar tujuh sampai sepuluh persen.

Hal sebaliknya justru terjadi pada Partai Golkar. Namun, tidak menutup kemungkinan akan mengalami penurunan jika partai ini tetap mempertahankan Aburizal Bakrie sebagai sebagai calon presiden (Capres). "Stigma kurang positif dari Ical bisa berimplikasi pada buruknya persepsi masyarakat terhadap Golkar," kata dia.

Bagaimana dengan PDIP? Gun Gun memprediksikan, PDIP akan menuai kenaikan pamor karena konsistensi politiknya di luar kekuasaan. Ia berpendapat, PDIP akan menguat jika Megawati Sukarnoputri sebagai Ketua Umum mau bertransformasi dari aktor menjadi king maker dalam pencapresan 2014.

Sementara, Partai Gerindra diperkirakan akan terbantu karena kian solidnya pergerakan Prabowo. Kendati demikian, naiknya elektabilitas Prabowo tidak menyumbang angka signifikan pada kenaikan citra Gerindra.

"Hanya saja Prabowo masih punya peluang maju di 2014, meski partainya stagnan. Soko guru dukungan Prabowo di kantong petani, nelayan, dan pedagang tradsional. Nampaknya lebih sekadar bisa diakumulasikan jadi dukungan untuk Prabowo tetapi tidak bagi Gerindra," jelasnya.

Untuk pendatang baru, Gun Gun mengatakan, Partai NasDem akan membawa warna baru pada pertarungan Pemilu 2014. Ia bahkan berani memprediksi, kiprah perdana NasDem dalam pemilu mendatang akan mengkilap.

"NasDem akan cukup mengkilap. Karena ada impresi sosok partai baru dan belum terbebani dosa politik yang merusak citra kekinian partai. Selain itu juga NasDem diuntungkan political publicity yang luar biasa masif di media massa yang berafiliasi ke jaringan media milik elite NasDem," tuturnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0665 seconds (0.1#10.140)