Pengamat: Roy Suryo dinilai SBY lebih netral

Jum'at, 11 Januari 2013 - 07:00 WIB
Pengamat:  Roy Suryo dinilai SBY lebih netral
Pengamat: Roy Suryo dinilai SBY lebih netral
A A A
Sindonews.com- Pengamat Politik dari Univesitas Lampung (Unila), Arizka Warganegara mengatakan, ditunjuknya Roy Suryo sebagai menteri pemuda dan olah raga karena dianggap lebih netral. Roy dinilai tidak masuk dalam faksi kelompok tertentu di tubuh Partai Demokrat.

"Nampaknya SBY enggak mau ambil resiko dengan kelompok Anas. Jadi Roy ini dianggap variabel yang relatif lebih netral ketimbang Pasek atau yang muncul belakangan karena mereka dekat dengan Anas," ujar Arizka saat dihubungi Sindonews, Kamis (11/1/2012).

Namun, ditunjuknya anggota komisi I itu dipandang sebagai langkah yang kurang strategis. Sebagai ketua dewan pembina, lanjutnya, SBY seharusnya memilih orang terdekatnya Anas Urbaningrum agar konsolidasi partai menjelang pemilu semakin masif.

"Soal Roy Suryo dia relatif bisa diterima daripada Gede Pasek yang jelas orangnya Anas, tapi SBY tetap bisa kontrol Roy," kata dia.

Arizka heran dengan karakter presiden SBY yang selalu berada di zona moderat. Ia melanjutkan, seharusnya SBY memilih orang dari kelompoknya Anas Urbaningrum sebagai bagian dari konsolidasi menuju pemilu 2014.

"Ya seharusnya begitu. Jika keadaan begitu nampaknya Cikeas sudah menutup pintu untuk beriringan dengan kubu Anas menyambut pemilu,"tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6212 seconds (0.1#10.140)