Demokrat buka pintu untuk partai gurem

Kamis, 10 Januari 2013 - 12:21 WIB
Demokrat buka pintu untuk partai gurem
Demokrat buka pintu untuk partai gurem
A A A
Sindonews.com - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Saan Mustopa mengakui, partainya membuka peluang bagi partai politik (Parpol) tidak lolos verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bahkan, Anggota DPR dari Fraksi Demokrat ini mengatakan, partai berlambang mercy itu sudah melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai tersebut.

"Demokrat selalu terbuka bagi partai tidak lolos verifikasi, itu sudah dilakukan seperti Partai Pakar Pangan, nah sekarang kita jalin komunikasi terus," kata Saan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2013).

Saan menjelaskan, saan ini Demokrat tetap menghormati upaya langkah hukum yang akan diambil oleh parpol tersebut. Menurutnya, itu sudah menjadi hak dari masing-masing parpol untuk memperjuangkan nasib parpolnya.

"Biarkan lakukan upaya hukum, kita selalu dukung, kalau sudah mentok, dengan senang hati kita terima," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika ada yang mau bergabung dengan Demokrat, saratnya sangat sederhana, asalkan bisa menyesuaikan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Partai Demokrat. "Sehingga bisa melebur menjadi dengan Demokrat," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, rapat pleno terbuka KPU, yang dilakukan pada Senin 7 Desember 2012 dan berakhir pada Selasa 8 Desember dinihari, menelurkan keputusan, 24 parpol tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2014 mendatang.

Sementara, 10 parpol lainnya dinyatakan KPU berhak mengikuti pesta demokrasi lima tahunan itu. Sepuluh parpol yang dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2014 itu adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP,) Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Kemudian Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3127 seconds (0.1#10.140)