Publik harap, parpol gurem dewasa dalam berpolitik

Kamis, 10 Januari 2013 - 10:06 WIB
Publik harap, parpol gurem dewasa dalam berpolitik
Publik harap, parpol gurem dewasa dalam berpolitik
A A A
Sindonews.com - Dari hasil rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang dilakukan pada Senin 7 Desember 2012 dan berakhir pada Selasa 8 Desember dinihari. KPU menyatakan 24 partai politik (Parpol) tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2014 mendatang.

Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto mengatakan, saat ini yang masyarakat harapkan dari 24 parpol tersebut adalah munculnya kedewasaan politik menyikapi keputusan KPU tersebut.

"Hanya publik tentu berharap adanya kedewasaan berpolitik dari para elite parpol yang tidak lolos verifikasi untuk menghormati proses tersebut," kata Gun Gun, saat dihubungi Sindonews, Rabu (9/1/2013).

Lebih lanjut dia memprediksi, parpol yang tidak lolos dalam verifikasi faktual KPU itu, akan terus bermanuver terhadap KPU.

"Saya prediksi, parpol yang tidak lolos verfikasi faktual itu akan terus bermanuver memberi tekanan agar mereka bisa lolos," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, rapat pleno terbuka KPU, yang dilakukan pada Senin 7 Desember 2012 dan berakhir pada Selasa 8 Desember dinihari, menelurkan keputusan, 24 parpol tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2014 mendatang.

Sementara, 10 parpol lainnya dinyatakan KPU berhak mengikuti pesta demokrasi lima tahunan itu. Sepuluh parpol yang dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2014 itu adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP,) Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Kemudian Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7663 seconds (0.1#10.140)