Gratifikasi uang dan seks seiring sejalan

Rabu, 09 Januari 2013 - 17:16 WIB
Gratifikasi uang dan seks seiring sejalan
Gratifikasi uang dan seks seiring sejalan
A A A
Sindonews.com - Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Masyarakat Pemantau Kebijakan Eksekutif dan Legislatif (Majelis) Sugiyanto menilai,layanan seks bagi pejabat negara bukan rahasia umum lagi. Pemberian gratifikasi materi bahkan hampir selalu berbarengan dengan gratifikasi seks.

"Selain pemberian uang, layanan seks kepada pejabat kerap berbarengan. Biasanya untuk memuluskan suatu proyek besar. Dari semua pejabat yang menerima suap, sebagian besar diantaranya pasti menerima pelayanan seks," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Rabu (9/1/2013).

Selain membuat aturan main gratifikasi seks, kata Sugiyanto, ke depannya KPK juga haruslebih giat menangkap basah para pejabat yang menerima layan esek-esek tersebut.

"Biasanya pejabat menerima layanan seks dalam proses entertainment. Alangkah baiknya, jika KPK berhasil menangkap basah pejabat tersebut," katanya.

Ia menilai, cara itu lebih efektif memberikan efek jera yang luar biasa bagi para pelakunya. Pasalnya, sanksi sosial yang diberikan masyarakat dalam kasus seks lebih besar ketimbang para koruptor.

"Itu akan sangat memberikan efek jera yg luar biasa, karena malunya bukan kepalang. Jadi KPK nggak usah repot-repot berwacana, cukup dibuktikan saja dalam prosesnya," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6939 seconds (0.1#10.140)