NasDem harus cerdik memainkan peta politiknya

Rabu, 09 Januari 2013 - 16:52 WIB
NasDem harus cerdik memainkan peta politiknya
NasDem harus cerdik memainkan peta politiknya
A A A
Sindonews.com - Partai Nasional Demokrat (NasDem) dinyatakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) lolos menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang.

Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto mengatakan, NasDem tidak dengan mudah bisa eksis, pasalnya massa partai politik (Parpol) parlemen, sudah mengakar.

"Parpol baru tidak dengan mudah menjadi brand kuat yang mampu memersuasi pemilih, jika infrastrukturnya lemah, pemasaran politiknya miskin inovasi," kata Gun Gun, saat dihubungi Sindonews, Rabu (9/1/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, pada Pemilu 2014 mendatang, NasDem harus mampu memunculkan tokoh dengan politik modern dan berpandangan maju terhadap Indonesia.

"Parpol bersangkutan menampilkan sosok parpol modern, bersih, dan memiliki kapasitas untuk menjadi problem solver bagi Indonesia ke depan," pungkasnya.

Seperti diketahui, dari hasil rapat pleno terbuka KPU, yang dilakukan pada Senin 7 Desember 2012 dan berakhir pada Selasa 8 Desember dinihari. KPU menyatakan 24 parpol tidak memenuhi syarat untuk ikut Pemilu 2014 mendatang.

Sementara, 10 parpol lainnya dinyatakan KPU berhak mengikuti pesta demokrasi lima tahunan itu. Sepuluh parpol yang dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2014 itu adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP,) Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Kemudian Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6480 seconds (0.1#10.140)