Hasil verifikasi faktual versi Tepi, 10 parpol lolos

Minggu, 06 Januari 2013 - 16:47 WIB
Hasil verifikasi faktual versi Tepi, 10 parpol lolos
Hasil verifikasi faktual versi Tepi, 10 parpol lolos
A A A
Sindonews.com- Komite Pemilih Indonesia (Tepi) mengungkap, berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan di lapangan, hanya 10 partai politik (parpol) yang lolos verifikasi faktual untuk menjadi peserta pemilu 2014 nanti. Jumlah ini merupakan, dari 16 parpol yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi sebelumnya.

"Yang lolos hanya 10 parpol, sembilan parpol di Parlemen dan satu parpol baru yaitu NasDem," ujar Koordinator Tepi Jeirry Sumampow di Kafe Tjikini, Jakarta Pusat, Minggu (6/1/2012).

Sementara enam parpol yang lolos verifikasi administrasi namun tidak lolos verifikasi faktual, yakni Partai Kedualatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Persatuan Nasional (PPN), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Keadilan dan Pesatuan Indonesia (PKPI) dan partai Bulan Bintang (PBB).

Dia menambahkan, PBB tidak lolos di empat provinsi, PDP 21 provinsi, PKPI di enam provinsi, PKBIB di 20 provinsi, PPRN 12 propinsi dan PPN di 6 propinsi. Menurutnya partai yang tidak lolos ditingkat provisi otomatis tidak lolos nasional.

Kendati begitu, hasil verfikasi di provinsi masih sebatas berita acara, namun keputusan finalnya akan diumumkan oleh KPU pusat yang akan diumumkan pada 7 Januari 2013.
"Tingkat propinsi masih sebatas berita acara tapi bisa dijadikan acuan apakah parpol lolos atau tidak lolos," kata dia.

Rilis yang dikeluarkan saat ini, imbuh Jeirry sebagai kontrol terhadap KPU untuk mencegah KPU melakukan 'main mata' dengan parpol tertentu sehingga keputusan bisa berubah.

Dia menjelaskan, data ini dihimpun dari relawan Tepi di lapangan, baik jaringan KPU provinsi, pengawas pemilu (panwas) dan pemberitaan media lokal khususnya di tingkat provinsi dan kabupaten kota. "Dari berbagai sumber yang masuk ke kami dan kami rekap,"pungkasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6748 seconds (0.1#10.140)