TNI kembali kirim pasukan ke Kongo

Jum'at, 04 Januari 2013 - 21:11 WIB
TNI kembali kirim pasukan ke Kongo
TNI kembali kirim pasukan ke Kongo
A A A
Sindonews.com - Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali mengirimkan prajuritnya guna memerkuat misi perdamaian di bawah bendera (Perserikatan Bangsa-Bangsa) PBB di Kongo.

Sebanyak 175 prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-J/MONUSCO (Mission de I’Organisation de Republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo), Jumat (4/1/2013) diberangkatkan.

Satgas ini akan menggantikan satgas sebelumnya. Upacara pelepasan dilakukan di Mabes TNI dengan dipimpin oleh Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono.

Panglima TNI mengatakan, tugas yang diemban para prajurit sarat dengan misi-misi kebangsaan, baik aspek politik, diplomasi, maupun budaya yang bersentuhan langsung dengan komunitas internasional.

Karenanya dia berpesan agar para prajurit dapat melaksanakan tugas dengan penuh semangat, dedikasi dan loyalitas, serta tetap memperhatikan faktor keamanan dan kewaspadaan terhadap setiap perkembangan situasi di wilayah penugasan.

Agus menuturkan, Indonesia memiliki komitmen yang besar pada misi perdamaian dunia. "Sebagai bagian dari politik luar negeri, ditetapkan oleh Presiden melalui peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 85 tahun 2011, yang mengamanatkan tim koordinasi misi pemeliharaan perdamaian dunia untuk melakukan perencanaan, penyiapan kajian komprehensif, merumuskan posisi dan strategi, serta mengevaluasi partisipasi Indonesia pada misi-misi pemeliharaan perdamaian dunia," ucapnya.

Agus menambahkan, TNI dituntut untuk senantiasa menyiapkan diri dan meningkatkan kualitas sumber daya yang melingkupi aspek manajerial maupun operasional. "Untuk selanjutnya kita dedikasikan dalam rangka mendukung peran internasional Indonesia di dalam memainkan peran kolaborasi hard power dan soft power pada misi perdamaian dunia," pungkasnya.

Kadispenum Puspen TNI Kolonel Cpl Minulyo Suprapto menambahkan, Satgas Kizi TNI Konga XX-J/MONUSCO terdiri dari 151 prajurit TNI AD, 19 prajurit TNI AL, dan 5 prajurit TNI AU.

Mereka dipimpin oleh Komandan Satgas Letkol Czi Irfan Siddiq, yang merupakan abituren Akademi Militer tahun 1995 dan kesehariannya menjabat sebagai Komandan Batalyon Zipur 9/1 Kostrad.

Satgas Kizi TNI Konga XX-J/MONUSCO bertugas menggantikan satgas sebelumnya, yakni Satgas Kizi TNI Konga XX-I/MONUSCO.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4793 seconds (0.1#10.140)