Puluhan ribu turis, padati Candi Borobudur

Selasa, 01 Januari 2013 - 16:44 WIB
Puluhan ribu turis, padati Candi Borobudur
Puluhan ribu turis, padati Candi Borobudur
A A A
Sindonews.com - Candi Borobudur masih memiliki magnet bagi para wisatawan untuk memanfaatkan waktu libur natal dan tahun baru. Hingga kemarin, Candi Buddha terbesar tersebut terlihat dipadati puluhan ribu wisatawan yang didominasi turis domestik.

Kepala Bidang Operasional Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Ay Suhartanto mengatakan, selama libur natal dan tahun baru pengunjung memang didominasi wisatawan domestik dari luar kota. Seperti Jawa Barat, Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan sebagian luar pulau.

"Pengunjung mayoritas datang secara rombongan menggunakan bus dan mobil pribadi," katanya, Selasa (1/1/2013).

Hingga, Selasa siang, papar Sutartanto, pihaknya mencatat ada sekira 14.260 wisatawan dari berbagai daerah. Sehingga, areal parkir PT TWCB maupun kantong parkir tambahan di pemukiman penduduk pun terlihat penuh.

Menurutnya, untuk menampung padatnya kendaraan para pengunjung, selama musim liburan ini pihaknya menggandeng masyarakat sekitar desa Borobudur untuk menyediakan kantong parkir tambahan.

Saat peak season seperti ini, areal parkir TWCB diakui Hartanto memang tak mampu menampung kendaraan pengunjung. Titik parkir tambahan itu antara lain di dusun Dangaran, Kurahan, Njangan, dan Gendingan.

“Kami sudah kerjasama dengan masyarakat. Kalau parkiran utama penuh, pekarangan warga diubah jadi kantong parkir tambahan. Titiknya ada di sebelah utara, timur, dan selatan. Pengelolaannya kami serahkan kepada warga,” jelas Hartanto.

Dia memperkirakan, angka pengunjung hingga akhir musim libur akhir tahun ini berlangsung hingga hari ini, Rabu (2/1) masih akan berkisar di atas 15 ribu orang per harinya.

"Pengunjung diperkirakan masih cukup padat pada 2 Januari 2013 besok," paparnya.

Namun, diakuinya, puncak kunjungan libur akhir tahun terjadi pada Minggu 30 Desember 2013 dengan angka pengunjung mencapai 41.099 wisatawan. Sedangkan, puncak kunjungan libur natal juga terjadi pada hari yang sama 23 Desember 2012 dengan 42.577 pengunjung.

“Selama musim liburan 22 Desember-2 Januari ini, target kami 270 ribu pengunjung. Namun itu sudah terlampaui. Hingga Selasa (1/2), total pengunjung sudah mencapai 30.8945 wisatawan,” ucapnya.

Sementara staf Humas TWCB, Rury Agastha, selama musim liburan ini ada atraksi wisata berupa gajah tunggang, wisata andong, kereta kelinci, sert pertunjukan kesenian rakyat. Selain itu, khusus liburan kali ini juga ada atraksi kuda tunggang dan sepeda onthel.

“Pengunjung bisa menikmati panorama sekitar candi dari atas kuda tunggang atau mengitari areal candi dengan sepeda onthel. Peminatnya cukup tinggi. Bahkan, kami sempat menambah jumlah kuda tunggang,” tandasnya.

(Wikha setiawan)
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8195 seconds (0.1#10.140)