Soal capres, PKS tunggu Presidential Threshold

Selasa, 01 Januari 2013 - 14:29 WIB
Soal capres, PKS tunggu Presidential Threshold
Soal capres, PKS tunggu Presidential Threshold
A A A
Sindonews.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) enggan terburu-buru menentukan calon presiden (capres) yang akan mereka usung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, termasuk menentukan calon alternatif. PKS baru akan menentukan siapa capresnya jika telah mengetahui ambang batas atau Presidential Threshold (PT) secara pasti.

"Capres itu (pemilihan) objektif, soal capres ini kami akan menunggu pembahasan perundang-undangan, yang ditentukan nantinya. Jadi, untuk menjadi capres kan belum disepakati presidential threshold-nya apakah 10 persen atau 3,5 persen, setelah itu baru kami sudah bisa mencalonkan," jelas Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid kepada Sindonews, Selasa (1/1/2013).

Menurut Hidayat Nur Wahid, capres yang nantinya diusung oleh PKS ialah calon yang memiliki elektabilitas tinggi baik dari lembaga survei, forum maupun media.

Selain itu, PKS juga akan mendengarkan kriteria bagaimana capres yang diusulkan masyarakat. Dari situ barulah di bawa ke Majelis Syuro PKS untuk dicalonkan.

"Apakah lembaga survei, melalui forum dan media, kita akan mengkaji dan yang kedua apa yang diusulkan kami harus sesuai dengan masyarakat. Kita melihat dinamika elektoral PKS, setelah itu kami akan mengajukan Majelis Syuro PKS," jelas pria yang pernah mencalonkan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta itu.

Yang terpenting saat ini menurut dia adalah, PKS fokus untuk mensukseksan pemilihan legislatif sambil menunggu hasil PT yang diputuskan.

"Apakah itu artinya, kita akan sampai menunggu PT, dari situ kita melihat ada atau tidak calon dari kita itu kondisinya berbeda, dan pertimbangan. Intinya kami tetap cermati tetapi bukan presiden, namun untuk sukses legislatif dahulu," tukasnya.

PKS saat ini juga masih fokus terhadap perkembangan perekrutan kader, dan pembentukan tim pemenangan pemilu.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6486 seconds (0.1#10.140)