Denny harus rotasi kepala Rutan-Lapas

Minggu, 11 November 2012 - 10:56 WIB
Denny harus rotasi kepala Rutan-Lapas
Denny harus rotasi kepala Rutan-Lapas
A A A
Sindonews - Adanya sejumlah napi yang mendapat keistimewaan di Rumah tahanan (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) harus menjadi perhatian Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM).

Untuk itu, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkum HAM) Denny Indrayana yang giat melakukan kontroling harus melakukan rotasi pimpinan Rutan dan Lapas.

"Tindakan itu memang tidak mudah tapi harus dilakukan," tegas Ketua Presidium Ind Police Watch (IPW), Neta S Pane melalui siaran persnya yang diterima Sindonews, Minggu (11/11/2012).

IPW sendiri mendukung Operasi Anti-Halinar yang dilakukan Wamen Denny Indrayana di LP dan Rutan. Namun gerakan itu harus sistematis, konsinten dan tidak diskriminatif.

Selama ini, lanjutnya, Rutan dan Lapas seperti sudah jadi "negara kecil" yang memberi keistimewaan pada tahanan korupsi, narkoba, dan tahanan berduit lainnya.

Dari pantauan IPW cukup banyak keistimewaan yang diberikan Lapas-Rutan kepada tahanan potensial. Misalnya membeli kamar (satu kamar dikuasai satu tahanan), kamar ber-AC, kamar memiliki pemandi air panas, di kamar ada laptop, hp, dan penguat sinyal.

"Tak mudah bagi Denny untuk membersihkan semua itu, apalagi jika pemerintah dan berbagai kalangan tidak mendukung," terangnya.

Kendati begitu, masyarakat pasti mendukung upaya yang dilakukan Wamen asalkan yang dilakukan ini konsisten.

"Proses pidana kepala LP-Rutan yang ditempatnya memberi keistimewaan bagi tahanan," tegasnya. Karena mustahil jika kepala Lapas-Rutan tidak mengetahui adanya keistimewaan tersebut.

Namun yang terpenting, lakukan rotasi setiap enam bulan sekali bagi semua tahanan agar tidak ada tahanan yang menjadi raja akibat berkolusi dengan pejabat LP-Rutan.

"Tahanan yang berkolusi harus dipindah ke Nusakambangan atau Pulau Buru dan pajabatnya diproses pidana," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6622 seconds (0.1#10.140)