Pansus Desa kunker ke negara sosialis

Selasa, 19 Juni 2012 - 14:50 WIB
Pansus Desa kunker ke negara sosialis
Pansus Desa kunker ke negara sosialis
A A A
Sindonews.com - Anggota Panitia Khusus (Pansus) Desa Abdul Malik Haramain mengatakan, Pansus Desa dan Pansus Pemerintah Daerah (Pemda) akan melakukan kunjungan kerja luar negeri. Pansus Desa ke China dan Venezuela sekitar 6-12 Juli 2012, Pansus Pemda ke Jepang-Jerman sekitar September 2012.

"Insya Allah enggak boros, ke China itu akan bertemu parlemen Kemendagri sana. Kita akan mengunjungi Desa Huaxi, desa paling kaya di China," ujar Haramain saat dihubungi, Selasa (19/6/2012).

Pilihan Desa Xuaxi, terang Haramain, dinilai sangat tepat. Pasalnya desa ini berhasil membangun perekonomian yang bisa mensejahterakan rakyatnya.

"Desa ini berhasil membangun perusahaan, semua penduduk dan kepala keluarga punya. Semua punya gaji seperlima per tahun dari total perusahaan, 100 ribu euro per tahun," terangnya.

Pansus yang akan berangkat ke sana akan melihat langsung sistem apa yang dipakai, sehingga bisa berhasil mengubah desa miskin menjadi kaya.

"Kita di sana, ingin tahu persis desa, di samping pemerintah pusat. Pola penataannya seperti apa. Kewenangan apa yang dimiliki oleh desa. Desa yang miskin jadi kaya. China negara sosialis berhasil membangun desanya," tukasnya.(san)
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6351 seconds (0.1#10.140)
pixels