Proyek Hambalang perlu audit fisik

Senin, 28 Mei 2012 - 15:34 WIB
Proyek Hambalang perlu audit fisik
Proyek Hambalang perlu audit fisik
A A A
Sindonews.com - Kabar ambruk dan amblasnya bangunan proyek gedung pusat olahraga Hambalang mengundang kecurigaan kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Mengapa bangunan itu bisa ambruk dan mengapa tanah itu bisa amblas, perlu diselidiki.

Bahkan, Wakil Ketua Komisi VI Benny K Harman mengusulkan agar dilakukan audit secara fisik terhadap pelaksanaan proyek itu.

"Wah gila itu. Kok bisa begitu ya, saya rasa itu bagian yang bisa diaudit. Setiap keputusan kan bisa diaudit. Menurut saya otoritas negara bisa melakukan audit fisik atas proyek itu," tutur Benny di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/5/2012).

Menurut politikus Partai Demokrat ini, jika diaudit keuangan tentu bisa saja direkayasa, tapi kalau diaudit fisik, tidak mungkin bisa direkayasa.

Audit fisik penting dilakukan untuk memastikan penyebab robohnya bangunan yang sempat menimbulkan kontroversi. "Audit dibutuhkan untuk memastikan apakah proyek itu dilaksanakan sesuai dengan spek atau tidak," ujarnya.

Karena, lanjut Benny, bisa saja robohnya bangunan karena faktor alam atau karena konstruksinya tidak sesuai dengan yang direncanakan.

"Mungkin rencananya kurang baik atau faktor alam kita butuh audit. Apakah itu bencana alam atau faktor lain," tukasnya.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5417 seconds (0.1#10.140)