M Syarifuddin Terpilih sebagai Ketua MA

Senin, 06 April 2020 - 13:41 WIB
M Syarifuddin Terpilih sebagai Ketua MA
M Syarifuddin Terpilih sebagai Ketua MA
A A A
JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) telah menyelesaikan pemilihan ketua untuk mengganti Hatta Ali yang memasuki masa pensiun. Muhammad Syarifuddin terpilih menjadi pengganti Hatta Ali.

Ada enam hakim agung yang maju sebagai calon dan mengikuti pemilihan pada Senin (6/4/2020). Mereka adalah Andi Samsan Nganro, Muhammad Syarifudin, Sunarto, Amran Suadi, Supandi, dan Suhadi.

Dalam pemilihan yang berlangsung dua putaran itu, hakim agung Syarifuddin akhirnya terpilih sebagai ketua MA untuk periode 2020-2025. Ia mengalahkan pesaing utamanya, Andi Samsan, dengan memperoleh suara sebanyak 32 berbanding 14 suara.

"Berdasarkan berita acara perhitungan suara, ternyata Yang Mulia M Syarifuddin telah mendapatkan suara 32. Sesuai aturan Nomor 96/KMA/SK/IV/2020 tentang Peraturan Tata Tertib Pemilihan Ketua Mahkamah Agung, yang memperoleh urutan satu (suara terbanyak) calon ketua MA maka ditetapkan sebagai ketua mahkamah agung terpilih,” ujar Ketua MA Hatta Ali, Senin (6/4/2020).

Pada pemilihan putaran pertama, Andi Samsam memperoleh 14 suara, Syarifuddin 22, Sunarto 5, Amran 1, Supandi 1, dan Suhadi 1 suara. Panitia menemukan dua surat suara yang tidak sah.

Karena tidak ada yang memperoleh suara 50 persen plus 1, pemilihan dilanjutkan ke putaran kedua. Ini sesuai dengan Pasal 7 huruf e Tata Tertib Pemilihan Ketua MA. Putaran kedua diikuti oleh Syarifuddin selaku yang memperoleh suara tertinggi dan Andi Samsan yang berada di urutan kedua.

Seharusnya ada 47 hakim yang memiliki hak suara. Namun, Hatta Ali memilih tak menggunakan hak suaranya. Pilihan itu, menurutnya, sebagai bentuk objektivitas dan dukungan terhadap semua calon.

"Di mata saya, semua punya kualitas yang baik. Dengan itu, memohon maaf kepada peserta dan seluruh panitia, saya tidak akan menggunakan hak pilih," pungkas pria kelahiran Pare-Pare, Sulawesi Selatan itu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3301 seconds (0.1#10.140)