Maksimalkan Work From Home untuk Tekan Penyebaran Virus Corona

Sabtu, 28 Maret 2020 - 12:01 WIB
Maksimalkan Work From Home untuk Tekan Penyebaran Virus Corona
Maksimalkan Work From Home untuk Tekan Penyebaran Virus Corona
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona atau COVID-19, membuat semua lini kehidupan berubah. Pemerintah Daerah (Pemda) mengharuskan untuk melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH). Sedangkan dalam dunia pendidikan, para siswa dipaksa untuk menjalani proses belajar dari rumah.

Bahkan dari data terbaru per Sabtu (28/3/2020), kasus positif virus corona di Indonesia melonjak tajam. Jumlah penderita corona mencapai 1.155 orang dan 102 di antaranya meninggal dunia.

Sementara masalah yang sering terjadi saat penerapan work from home adalah tidak ada kepercayaan baik dari karyawan maupun perusahaan. Misalnya, transparansi gaji, aturan perusahaan, kejelasan tugas hingga yang paling penting adalah alur pekerjaan saat work from home .

Alur pekerjaan kerap menjadi permasalahan saat work from home, entah menjadi lambat, atau sering adanya miskomunikasi, atau adanya distraksi dari hal-hal diluar pekerjaan. Oleh karena itu Insight Talenta punya beberapa tips agar alur pekerjaan tetap maksimal saat work from home.

Pertama, koordinasi dengan supervisi unit untuk menentukan bagaimana alur kerja dan informasi yang dilakukan dalam penerapan kerja di rumah atau work from home.

Kedua, video conference tiap pagi, agar dapat memberikan kejelasan arahan dalam pekerjaan yang akan dilakukan pada hari, minggu, dan bulan ini. Hal ini juga untuk meningkatkan arus komunikasi sehingga karyawan tetap produktif.

Ketiga, susun laporan harian untuk memetakan apa yang dikerjakan hari ini, apa yang dikerjakan kemarin atau hari sebelumnya dan bagaimana hambatan saat bekerja work from home. Sehingga goal pekerjaan antar karyawan atau karyawan-perusahaan dapat tercapai dalam rentan waktu tertentu.

Keempat, tetap terhubung. Ingat, WFH bukan liburan. Work from home dan pergi ke kantor hanya membedakan arus komunikasi saja, sehingga tetap terhubung adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap karyawan. Baik tetap terhubung antar karyawan maupun dengan konsumen.

Kelima, gunakan software HRIS untuk meningkatkan kontrol terhadap karyawan saat Work From Home. Software HRIS dapat terintegrasi dengan smartphone sehingga karyawan dapat melakukan absen hanya dalam genggaman.

Software HR yang dapat Anda andalkan adalah Talenta. Selain untuk absensi, Talenta memiliki fitur payroll yang terintegrasi dengan pajak dan juga potongan cuti. Saat ini Anda dapat mencoba gratis Talenta selama 2 bulan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3488 seconds (0.1#10.140)