Wabah Corona, Perlu Gerakan Sosial Bantu Pedagang Kecil dan Ojek Online

Kamis, 26 Maret 2020 - 20:04 WIB
Wabah Corona, Perlu Gerakan Sosial Bantu Pedagang Kecil dan Ojek Online
Wabah Corona, Perlu Gerakan Sosial Bantu Pedagang Kecil dan Ojek Online
A A A
JAKARTA - Pandemi virus Corona (COVID-19) yang tengah mewabah di berbagai daerah di Tanah Air membuat pendapatan pedagang kecil dan juga ojek online (ojol) turun drastis.

Oleh karena itu, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengimbau masyarakat untuk membentuk gerakan solidaritas untuk membantu menyelamatkan perekonomian mereka.

“Pentingnya menyelamatkan ekonomi sektor informal dan komunitas ojek. Gerakan berbagi bisa dilakukan dalam komunitas tingkat RT dan RW dengan menciptakan solidaritas sosial,” tutur Anggota Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susetyo dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Kamis (26/3/2020).

Benny melanjutkan, gerakan sosial itu bisa lewat jaringan sosial dengan memberi bantuan kepada komunitas-komunitas ojol dan juga pedagang kecil. Bantuan itu bisa berupa makanan, pulsa atau uang. “Dengan berbagi pulsa sehari seribu, bisa menyelamatkan jutaan manusia,” ucapnya.

Menurut Rohaniawan Kristiani ini, gerakan-gerakan solidaritas tersebut bisa membangkitkan kesadaran bersama untuk mewujudkan nilai-nilai gotong royong lewat berbagai jaringan komunitas. “Gerakan menjadi kekuatan komunitas untuk membantu mereka yang kecil,” tutur Benny.

Lebih dari itu, lanjut Benny, gerakan solidaritas ini juga bisa digalang melalui media sosial (medsos) agar gerakannya menjadi lebih luas dan masif.

“Media sosial menjadi kekuatan energi untuk belah rasa,” tandasnya
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5830 seconds (0.1#10.140)