Mahfud MD: Jokowi Larang Menteri ke Solo, Minta Fokus Kerja

Rabu, 25 Maret 2020 - 22:33 WIB
Mahfud MD: Jokowi Larang Menteri ke Solo, Minta Fokus Kerja
Mahfud MD: Jokowi Larang Menteri ke Solo, Minta Fokus Kerja
A A A
JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengaku begitu mendengar kabar bahwa Ibunda Presiden Jokowi wafat, langsung mencoba mengkoordinir para anggota kabinet untuk bertakziah ke Solo.

"Saya coba untuk meminjam pesawat TNI AU atau Polri, tapi tiba-tiba ada arahan dari Presiden melalui Pak Pratikno dan Pak Pramono Anung agar para menteri tidak pergi ke Solo, melainkan fokus pada tugas saja di Jakarta," ujar Mahfud MD dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/3/2020).

Atas arahan itu, para menteri akhirnya memutuskan tidak berangkat ke Solo. Mahfud dan isteri sendiri memilih melakukan salat ghaib dari rumah untuk janazah almarhumah. (Kabar Duka, Ibunda Presiden Jokowi Meninggal Dunia)

"Saya tahu Pak Jokowi tidak enak meminta orang untuk tidak melayat langsung, tetapi karena beliau sendiri yang mengumumkan dan berkampanye agar rakyat tidak melakukan kerumunan dalam rangka physical distancing guna menangani Covid-19, maka beliau meminta masyarakat tidak bertakziyah ke rumah duka," kata Mahfud.

Menurut Mahfud, Presiden Jokowi meminta agar almarhumah didoakan saja dari rumah masing-masing. (Baca juga: Taat Beribadah, Ketua Umum PBNU Doakan Ibunda Jokowi Husnul Khatimah)

"Saya sendiri mengimbau juga, sebaiknya bagi kaum muslimin yang ingin mensalatkan janazahnya dilakukan dengan salat ghaib saja dari rumah. Itu ada ajarannya di dalam Islam," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1745 seconds (0.1#10.140)