Cegah Virus Corona, Kepala BNPB Ingatkan Jaga Pola Hidup Sehat

Jum'at, 06 Maret 2020 - 14:09 WIB
Cegah Virus Corona, Kepala BNPB Ingatkan Jaga Pola Hidup Sehat
Cegah Virus Corona, Kepala BNPB Ingatkan Jaga Pola Hidup Sehat
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengingatkan masyarakat untuk menjaga stamina dengan pola hidup sehat agar terhindar dari virus Corona (COVID-19).

Penerapan pola hidup sehat tersebut, kata Doni, dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari berolahraga setiap hari, makan makanan yang bergizi, mencuci tangan dengan sabun, rutin menjaga kebersihan lingkungan kerja, menggunakan masker jika kurang sehat, bekerja secara efektif dan efisien, dan istirahat yang cukup. (Baca Juga: KPI Keluarkan Surat Edaran Terkait Penyiaran Wabah Virus Corona)

“Supaya fit jangan biarkan perut kita keroncongan, perutnya enggak boleh kosong. Artinya, perutnya harus terisi terus, jangan lupa sarapan pagi kemudian diharapkan makanan yang dimakan punya gizi yang cukup,” ujar Doni dalam keterangan yang diterima SINDOnews, Jumat (6/3/2020).

Dalam kesempatan itu, Doni juga mengimbau masyarakat menjaga diri dengan perasaan tetap senang dan pikiran tenang. Tidak lupa, dia juga mengingatkan masyarakat untuk rajin mencuci tangan. Juga disarankan sebisa mungkin menghindari kontak fisik dengan orang lain lebih dahulu saat ini.

“Salaman atau kontak dengan orang, mungkin ada kesepakatan, kalau ketemu untuk sementara jangan salaman dulu, kurangi kontak,” katanya.

Doni menjelaskan bahwa jamu juga ampuh untuk meningkatkan stamina sehingga mencegah virus Corona. “Supaya stamina bagus juga, jangan lupa minum atau makan ramuan nenek moyang, jamu itu tidak disalahkan. Di China juga obat herbal jadi salah satu treatment untuk mengobati pasien yang sudah terinfeksi dan terbukti walau belum ada obat lebih dari 53 persen pasien sekarang sudah sembuh,” tuturnya. (Baca Juga: Cegah Corona, Warga Indonesia Diimbau Tak ke Mekkah dan Madinah)

Dia juga menyarankan agar masyarakat sedang mengalami batuk dan pilek untuk beristirahat di rumah dan tidak melakukan aktifitas di luar rumah. “Mereka yang bersin batuk jangan dulu keluar rumah, izin saja sama atasan. Saya yakin, kalau sekarang alasannya batuk pilek pasti atasannya kasih izin. Jangan keluar rumah, di rumah saja, karena istirahat yang cukup buat kita bisa terhindar dari penyakit,” tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7224 seconds (0.1#10.140)