Dukung MNEK 2020, Pushidrosal Mutakhirkan Data Teluk Jakarta-Selat Gelasa

Rabu, 04 Maret 2020 - 06:06 WIB
Dukung MNEK 2020, Pushidrosal Mutakhirkan Data Teluk Jakarta-Selat Gelasa
Dukung MNEK 2020, Pushidrosal Mutakhirkan Data Teluk Jakarta-Selat Gelasa
A A A
JAKARTA - Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidrosal) TNI AL melakukan survei dan pemetaan untuk memutakhirkan data hidro-oseanografi perairan Teluk Jakarta dan perairan Selat Gelasa, Belitung.

Langkah tersebut diambil untuk mendukung kegiatan "4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2020" yang akan digelar TNI AL di Kepulauan Seribu, Jakarta dan Pulau Belitung pada Agustus mendatang.

MNEK 2020 ini merupakan latihan bersama ke-4 yang diselenggarakan di Indonesia setelah sebelumnya sukses dilaksanakan di Batam, Padang dan Lombok. Kegiatan ini merupakan latihan bersama non tempur dengan titik fokus pada kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan medis, bakti sosial, kesehatan, pemberdayaan kapasitas wilayah dan juga berkaitan dengan penanganan penanggulangan kemanusiaan akibat bencana alam di laut maupun di pesisir.

Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro mengatakan, telah mengirimkan tim survei untuk melaksanakan operasi survei dan pemetaan dengan tujuan memperoleh data kondisi hidro-oseanografi terbaru untuk mendukung kegiatan MNEK 2020.

”Tujuannya agar kapal-kapal dari negara peserta yang terlibat dalam perhelatan akbar ini dapat berlabuh dengan aman dan terbebas dari bahaya navigasi, sehingga dapat mengikuti semua kegiatan dengan sukses,” ucapnya dalam keterangan yang diterima SINDOnews Rabu (4/3/2020).

Tim survei Pushidrosal di Teluk Jakarta di bawah pimpinan Komandan Unit Tugas MNEK Jakarta 2020 Mayor Laut (P) Mustika Ari Wibowo akan melaksanakan survei dan pemetaan selama 31 hari yang meliputi Penetapan ttik kontrol horisontal pemetaan, pemeruman, pengukuran pasang surut, pengukuran pola arus, pengambilan sampel dasar laut, pengukuran CTD dan pengumpulan data geografi maritim.

Selain bertujuan untuk menyukseskan kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo 2020, kata dia, survei dan pemetaan ini sekaligus digunakan untuk memutakhirkan Peta Laut Indonesia (PLI) Nomor 86 Perairan Teluk Jakarta, dan PLI Nomor 64 di perairan Selat Gelasa, Belitung. ”Diharapkan update PLI akan dapat menjamin keselamatan pelayaran di dua perairan dengan lalu lintas pelayaran yang sangat padat,” katanya.

Selain di Teluk Jakarta, Pushidrosal juga mengirimkan tim survei untuk melaksanakan operasi survei dan pemetaan di Perairan Selat Gelasa, Belitung. Tim survei Pushidrosal di Selat Gelasa ini berjumlah 12 personel di bawah pimpinan Komandan Unit Tugas MNEK Belitung 2020 Mayor Laut (KH) Ainun PW.

Survei ini juga bertujuan untuk memperoleh data kondisi hidro-oseanografi terkini dan menentukan arah lego jangkar kapal-kapal peserta MNEK di Perairan Selat Gelasa, Belitung, sehingga kegiatan MNEK yang berlangsung Belitung dapat berjalan aman dan lancar. ”Data dan informasi yang diperoleh juga dapat digunakan untuk kepentingan pembanguna kelautan di masing - masing daerah,” ucapnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5218 seconds (0.1#10.140)