Mendadak Tenar, Biota Laut Olele Salah Satu yang Terbaik di Dunia

loading...
Mendadak Tenar, Biota Laut Olele Salah Satu yang Terbaik di Dunia
Mendadak Tenar, Biota Laut Olele Salah Satu yang Terbaik di Dunia
A+ A-
GORONTALO - Daerah terpencil di Desa Olele, Kabupaten Bone, Provinsi Gorontalo, mendadak jadi omongan di Eropa. Letaknya di bawah garis katulistiwa, diapit perbukitan.

Kawasan perkampungan nelayan ini, ternyata menyimpan biota laut yang sangat kaya dan langka. Bahkan, menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Pemerintah pun telah menetapkan Olele menjadi pusat konservasi.

(Baca juga: Ngobrol di Warung Kopi, Fadel Muhammad Sebut Ekonomi Negara Sedang Turun)

Menurut Kepala Desa Olele M Candra Nauko, kawasan Olele kali pertama ditemukan oleh Fadel Muhammad. Saat itu, 20 tahun yang lalu, saat dia menjabat Gubernur Gorontalo.



"Awal mula Desa Wisata Olele itu ialah Fadel Muhammad, bisa sampai terkenal ke mancanegara. Awalnya karena Bapak Fadel dateng ke sini mandi," kata Candra, di Olele, Bone, Provinsi Gorontalo, Sabtu (29/2/2020).

Saat itu Fadel mengatakan, bahwa di Olele sini ada surga yang tersembunyi. Dengan makin berkembangnya Olele menjadi tempat wisata, terjadi perubahan jumlah penduduk.

"Jadi ini pencetusnya dari Fadel Muhammad. Lalu terjadi perubahan penduduk, kemarin 600 jiwa di tahun 2009, sekarang 1.300 jiwa dengan 300 KK. Harapan kami, Desa Oele jadi desa mandiri di sektor wisata," ungkapnya.



Desa Olele, berada disepanjang laut lepas. Di sini, nelayannya hidup makmur, tidak kekurangan ikan. Ikan hiu paus berkembang biak di sini. Ikan sebesar perahu nelayan ini, bisa diberi makan langsung pengunjung.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top