Mendadak Tenar, Biota Laut Olele Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Sabtu, 29 Februari 2020 - 16:46 WIB
Mendadak Tenar, Biota Laut Olele Salah Satu yang Terbaik di Dunia
Mendadak Tenar, Biota Laut Olele Salah Satu yang Terbaik di Dunia
A A A
GORONTALO - Daerah terpencil di Desa Olele, Kabupaten Bone, Provinsi Gorontalo, mendadak jadi omongan di Eropa. Letaknya di bawah garis katulistiwa, diapit perbukitan.

Kawasan perkampungan nelayan ini, ternyata menyimpan biota laut yang sangat kaya dan langka. Bahkan, menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Pemerintah pun telah menetapkan Olele menjadi pusat konservasi.

(Baca juga: Ngobrol di Warung Kopi, Fadel Muhammad Sebut Ekonomi Negara Sedang Turun)

Menurut Kepala Desa Olele M Candra Nauko, kawasan Olele kali pertama ditemukan oleh Fadel Muhammad. Saat itu, 20 tahun yang lalu, saat dia menjabat Gubernur Gorontalo.

"Awal mula Desa Wisata Olele itu ialah Fadel Muhammad, bisa sampai terkenal ke mancanegara. Awalnya karena Bapak Fadel dateng ke sini mandi," kata Candra, di Olele, Bone, Provinsi Gorontalo, Sabtu (29/2/2020).

Saat itu Fadel mengatakan, bahwa di Olele sini ada surga yang tersembunyi. Dengan makin berkembangnya Olele menjadi tempat wisata, terjadi perubahan jumlah penduduk.

"Jadi ini pencetusnya dari Fadel Muhammad. Lalu terjadi perubahan penduduk, kemarin 600 jiwa di tahun 2009, sekarang 1.300 jiwa dengan 300 KK. Harapan kami, Desa Oele jadi desa mandiri di sektor wisata," ungkapnya.

Desa Olele, berada disepanjang laut lepas. Di sini, nelayannya hidup makmur, tidak kekurangan ikan. Ikan hiu paus berkembang biak di sini. Ikan sebesar perahu nelayan ini, bisa diberi makan langsung pengunjung.

Laut di Desa Olele ini juga memiliki terumbu karang yang sangat kaya dan banyak yang langka, dengan jutaan ikan. Bagi para pecinta wisata bawah laut, tempat ini adalah surga.

Yang membuat desa wisata ini jadi istimewa, kehidupan nelayan yang alami disepanjang laut, dengan perahu nelayan terparkir berwarna-warni, melakukan aktivitas mencari ikan tanpa mengganggu turis yang datang.

Sebaliknya, para nelayan dengan ramah akan membantu dan mengantar turis yang ingin melakukan petualangan bawah laut. Suasana ini berlangsung dengan alamiah dan normal.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad yang datang untuk sosialisasi 4 pilar MPR, disambut dengan hati gembira masyarakat. Mereka, bahkan masih ada yang menyebut Fadel itu Gubernur Gorontalo.

"Dulu saat saya menjadi gubernur, sudah 20 tahun lalu, saya ingin sekali pengembangan wisata bahari. Lalu kita cari lokasi dan kita undang seorang ahli biologi laut," ungkapnya.

Kata ahli itu, di dunia ini tidak banyak laut yang dilewati katulistiwa dan Olele salah satunya. Menurut ahli itu, setiap tempat yang dilewati katulistiwa biota lautnya pasti hebat dan luar biasa. Ternyata, benar adanya.

"Ternyata di sekitar sini, ada beberapa tempat yang karangnya indah dan ikannya banyak. Ini yang terbaik dan terindah di dunia. Lalu saya minta kepada pemerintah pusat, agar daerah sini menjadi konservasi saja," sambung Fadel.

Belum lama ini, Fadel bersama istrinya pergi ke Eropa. Di sana, ternyata banyak yang membicarakan Olele. Mereka kagum dengan keindahan biota laut Olele yang masih alami.

"Saya baru-baru ini ke Eropa bersama Ibu Hana, di sana orang sudah bicara bahwa one of the best star in Sulawesi is Olele. Jadi sudah terkenal. Hanya masalahnya transportasi di sini kurang bagus," tukasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4859 seconds (0.1#10.140)