Asman Abnur Deklarasi Maju Calon Ketua Umum PAN

Jum'at, 17 Januari 2020 - 18:19 WIB
Asman Abnur Deklarasi Maju Calon Ketua Umum PAN
Asman Abnur Deklarasi Maju Calon Ketua Umum PAN
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur mendeklarasikan diri maju sebagai Calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025. Dalam deklarasinya, Asman Abnur didampingi para pendukungnya, di antaranya Tjatur Sapto Edy, Syahrin Hamid, Ahmad Adin Zain, dan Sulistyowati.

"Maka pada sore hari ini, walaupun kawan-kawan daerah sudah tahu bahwa saya sudah sosialisasi ke seluruh daerah. Tapi setelah ditetapkan tanggal Kongres, maka secara resmi saya sampaikan, Asman Abnur maju sebagai kandidat calon ketua umum," ujar Asman Abnur di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Adapun Kongres PAN akan dilaksanakan pada 10-12 Februari 2020. Wakil Ketua Umum PAN ini pun menjelaskan alasannya maju di Kongres tersebut. (Baca juga: Kongres Jadi Batu Uji PAN sebagai Partai Reformis atau Oligarki )

"Saya ingin menyampaikan perjalanan politik saya yang sudah sampai hari ini kurang lebih hampir 20 tahun," tutur Asman Abnur.

Dia menganggap waktu 20 tahun itu adalah masa yang cukup matang dan banyak pelajaran bagi dirinya. "Saya mulai karir politik dari daerah, Kota Batam. Dulu, 2001 jadi anggota DPRD enam bulan, kemudian jadi wakil wali kota 3 tahun 4 bulan. Baru 2004 anggota DPR, sampai sekarang sudah 4 periode," ucapnya.

Kemudian, Asman Abnur sempat menduduki jabatan Menpan RB selama dua tahun sejak 2016. Saat itu, dia mengaku menggeluti tugas tata kelola pemerintahan, maupun manajemen pemerintahan.

"Kemudian saya memunculkan beberapa program yang saya anggap memperbaiki sistem birokrasi, mulai dari sistem rekrutmen PNS, sampai sistem pensiun, sampai penempatan jabatan tinggi di pemerintahan. Itu semua saya anggap luncuran kegiatan yang bisa bermanfaat bagi negeri ini," paparnya.

Selain itu, kompetensi saat itu menjadi ukuran bagi dirinya dalam menempatkan seseorang menjadi pejabat. "Maka dari itu, dengan pengalaman saya selama 20 tahun di politik, kemudian dua tahun di kabinet, mudah-mudahan bekal ini menjadi modal saya jadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025. Jadi itu latar belakang saya mau maju," terangnya.

Alasan lainnya, Asman Abnur memiliki semangat rekonsiliasi. "Mentautkan kembali semua potensi yang ada di PAN. Mulai dari pendiri sampai tokoh-tokohnya. Saya yakin dengan menautkan semua tokoh-tokohnya, akan menjadi modal besar," imbuhnya. (Baca juga: Barisan Muda PAN Dukung Mulfachri-Hanafi Pimpin PAN )

Di samping itu, Asman Abnur mengaku ingin menerapkan tata kelola partai yang secara sistematis bisa membuat masing-masing unit di PAN menjadi produktif. "Saya anggap ini menjadi terobosan baru jika saya terpilih. Insya Allah ini menjadi modal saya program saya ke depan," katanya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7453 seconds (0.1#10.140)