BNPB Tepis Video Viral Banjir Bandang di Cipanas

Sabtu, 04 Januari 2020 - 21:36 WIB
BNPB Tepis Video Viral Banjir Bandang di Cipanas
BNPB Tepis Video Viral Banjir Bandang di Cipanas
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) membantah informasi akan terjadinya banjir bandang di Jakarta yang tersebar pada video banjir bandang di Cipanas Bogor yang viral di WhatsApp Group (WAG).

Dalam informasi yang ditulis berbarengan video itu di WAG disebutkan, "Cipanas (Puncak) baru saja dilanda banjir bandang. Aliran airnya bisa masuk Jakarta besok pagi." (Baca juga: Kepala BNPB: Korban Banjir Bandang Lebak 8 Tewas, 1 Hilang)

Kepala Pusat Data Informasi (Kapusdatin) BNPB, Agus Wibowo mengatakan, kebenaran video tersebut tak dapat dipertanggung jawabkan. Pasalnya, belum ada laporan kepada BNPB terkait video banjir bandang tersebut.

"Ini video lama, bukan hari ini," kata Agus saat dikonfirmasi SINDOnews melalui pesan singkat, Sabtu (4/1/2020). (Baca juga: Jumlah Pengungsi Akibat Banjir Jabodetabek Capai 173 Ribu Orang)

Dia mengimbau kepada warga Jakarta dan sekitarnya untuk tidak begitu saja percaya video-video yang dikirim melalui group WhatsApp. Sebab, banyak yang hanya kebohongan belaka serta berniat membuat warga khawatir.

"Jangan mudah percaya, hindari mengirim video tak bermanfaat yang hanya membuat suasana gaduh," ujarnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5342 seconds (0.1#10.140)