Erick Tohir Minta Tiga Wamen, Jokowi Beri Dua

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 13:30 WIB
Erick Tohir Minta Tiga Wamen, Jokowi Beri Dua
Erick Tohir Minta Tiga Wamen, Jokowi Beri Dua
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk dua wakil menteri (wamen) untuk Kementerian BUMN. Menteri BUMN Erick Tohir sebelumnya menginginkan tiga wamen.

Dua wamen tersebut yakni Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wiryoatmojo. Keduanya merupakan punggawa BUMN. Dimana Budi Gunadi Sadikin merupakan Dirut PT Inalum, sementara Kartika Wiryatmojo menjabat Dirut Bank Mandiri.

“Saya sama Pak Tiko (Kartika Wiryoatmojo) diminta Pak Presiden untuk bantu Pak Erick,” ujar Budi di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Dia mengaku diperintahkan presiden untuk membuat program-program yang dapat mengajak rakyat untuk berwirausaha dengan baik.

“Mengkorporasikan petani dan nelayan. Inhutani dan PTPN kalau bisa itu daerah-daerah bisa merangkul rakyat-rakyat di sekitarnya, sehingga jangan sampai rakyat juga jadi miskin. Itu pesan yang saya dapat,” ungkapnya.

Dengan penunjukan sebagai wamen ini, Budi akan mengundurkan diri dari posisinya sebagai Dirut Inalum. “Ya, saya kan bukan di perusahaan terbuka. Jadi harusnya lebih gampang,” ujarnya

Sementara Kartika Wiryoatmo mengatakan, presiden ingin agar BUMN lebih kompetitif dan menjadi pemain global. Selain itu, harus semakin besar dan bersama-sama swasta dapat membangun perekonomian Indonesia.

“Dan juga bisa ekspansi ke global, membangun competitiveness Indonesia. Termasuk dari sisi talentnya. Karena talent-talent di BUMN ini bisa jadi talent nasional. Nanti jadi putra-putri terbaik Indonesia juga,” tuturnya.

Terkait pembagian tugas, dia akan membahasnya bersama Erick Tohir. Dia juga akan segera menggelar RUPS Luar Biasa terkait pengunduran dirinya dari Bank Bandiri.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8296 seconds (0.1#10.140)