Selamat #HariSantri2019 Jadi Trending Topic

Selasa, 22 Oktober 2019 - 08:56 WIB
Selamat #HariSantri2019 Jadi Trending Topic
Selamat #HariSantri2019 Jadi Trending Topic
A A A
JAKARTA - Warganet memberikan respons terhadap Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada hari ini, Selasa (22/10/2019). Berbagai tanggapan diungkapkan berbagai tokoh maupun warganet lainnya.

(Baca juga: Hakikat dan Sejarah Penamaan Santri di Indonesia)

Berikut sejumlah rangkuman atas sejumlah pandangan warganet terhadap HSN ini.

Abdullah Gymnastiar @aagym

Santri adalah pribadi tulus dan tawadhu yang tak mengenal lelah dan henti untuk belajar dan berlatih, hingga menjadi cahaya dan bukti indahnya Islam Rahmatan Lil ‘alamiiin.
#HariSantri2019


(Baca juga: Purnawirawan Jenderal TNI Ini Berpotensi Kembali Masuk Kabinet)

Hidayat Nur Wahid @hnurwahid

Selamat memperingati Hari Santri Nasional kepada seluruh santri dan pesantren di Indonesia. Berikut ini adalah foto ketika mengunjungi Pondok Modern Darussalam Gontor, tempat saya dulu menyantri. #HariSantri2019 #PKSbersamaSantri

RE @robikinemhas

Sekali lagi, santri adalah setiap muslim yg berakhlak mulia dan hormat kepada kiai. Muslim yg perangainya buruk bukan santri. Tidak termasuk santri kalau tidak hormat terhadap kiai. Selamat #HariSantri2019. Santri unggul Indonesia makmur.


(Baca juga: Nasdem Beri Sinyal Jadi Oposisi, PDIP: Setiap Partai Punya Platfom Politik)

Fifi Lailatul M @ffh_lm

"Santri bukan hanya yang mondok saja, siapapun yang berakhlak seperti santri dialah santri." - KH Mustofa Bisri #selamatharisantri #selamatharisantrinasional #harisantri2019


Hari ini menjadi momentum dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN), pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Meskipun istilah santri pada awalnya merujuk pada para pembaca kitab suci Hindu atau Budha, namun pada perjalanannya istilah santri justru lebih identik dengan para penuntut ilmu agama dalam Islam. Sehingga, kata santri ini lebih tepat disejajarkan dengan istilah 'Thalibul Ilmi' atau 'Murid' atau 'Salik' dalam bahasa Arab.

Sementara tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy'ari pada 22 Oktober 1945.

Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6773 seconds (0.1#10.140)