Santri Innofest Jadi Pamungkas Perayaan Hari Santri Nasional

Selasa, 31 Oktober 2023 - 20:53 WIB
loading...
Santri Innofest Jadi Pamungkas Perayaan Hari Santri Nasional
Rangkaian perayaan Hari Santri Nasional 2023 dipungkasi dengan Santri Innofest, forum gagasan dari para santri se Indonesia. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Rangkaian perayaan Hari Santri Nasional 2023 dipungkasi dengan Santri Innofest, forum gagasan dari para santri se-Indonesia. Santri Innofest diselenggarakan sejak pertengahan September 2023, yang dipuncaki dengan Konferensi dan adu gagasan para finalis di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Santri Innofest dihadiri sekitar 1.200 santri dari berbagai daerah serta dihadiri oleh Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Amin Said Husni, perwakilan Pengelola Masjid Istiqlal KH Bukhori at-Thahiri, Kepala Pusdatin Kemendikbud Hasan Chabibie, Ketua Umum ICYD Budy Sugandi, Ketua Pelaksana Santri Innofest Rorian Pratyaksa, Sekretaris Umum Pagar Nusa Munawir Aziz, Ketua Umum PP IPPNU Wahsfi Velasufah, Senior Vice President BSI Muhammad S Habiby, Duta Besar Tukey Prof Talip Küçükcan, Zensa Rahman (Pemimpin.id), dan beberapa pembicara lain. Pada sore harinya, hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Amin Said Husni mengungkapkan, Santri Innofest menjadi bagian penting untuk mengelaborasi gagasan inovatif santri.



"Santri Innofest diawali dengan tahapan pendaftaran ide-ide kreatif dan inovatif, penjurian, mentoring dan presentasi gagasan dari para santri. Nantinya, peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan mentoring dari innovator ternama guna memperkuat gagasan inovatifnya. Mereka juga akan dipertemukan dengan kolaborator dari pelaku start-up hingga pembuat kebijakan," katanya.

Amin Said Husni menegaskan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mendukung penuh penyelenggaraan Santri Innofest. "Kami mendorong agar Santri Innofest bisa menjadi agenda tahunan di dalam seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri ke depan. Hal ini penting untuk mendorong dan memberikan motivasi kepada para santri untuk melakukan inovasi," ujarnya.

Sementara, Pembina Santri Innofest Budy Sugandi menegaskan pihaknya menyelenggarakan acara ini untuk memberi ruang inovasi bagi santri-santri dari berbagai kawasan di Indonesia.

"Santri Innofest ini ajang bergengsi untuk menghadirkan inovasi-inovasi kreatif dari para santri, dari seluruh kawasan se-Indonesia. Santri Innofest ini juga bagian rangkaian Hari Santri Nasional 2023, yang didukung PBNU, Kementerian Agama serta beberapa lembaga lain," kata Budy Sugandi yang juga Ketua Umum ICYD.

Ketua Panitia Pelaksana Santri Innofest 2023, Rorian Pratyaksa mengungkapkan, Santri Innofest ini jadi hub yang menghubungkan santri-santri kreatif se-Indonesia.

"Santri Innofest ini jadi ruang untuk mempertemukan gagasan kreatif dari berbagai komunitas santri. Alhamdulillah, ide-idenya luar biasa. Ini membuktikan para santri sangat kreatif dan inovatif. Kita akan mempertemukan para pemenang dengan inovator lain, pelaku start-up dan beberapa pihak lain," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)