Soal Kabut Asap, Kepala BNPB: Jangan Saling Menyalahkan

Senin, 23 September 2019 - 20:33 WIB
Soal Kabut Asap, Kepala BNPB: Jangan Saling Menyalahkan
Soal Kabut Asap, Kepala BNPB: Jangan Saling Menyalahkan
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengimbau seluruh pihak untuk bahu membahu menyelesaikan masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Doni mengajak seluruh elemen masyarakat dapat saling berkontribusi dalam membantu korban karhutla. Misalnya dengan membagikan masker. Sebab tingkat pencemaran udara saat ini dibeberapa wilayah telah melampaui ambang batas.

"Keluarga (di lokasi karhutla-red) yang punya pendingin udara bisa memberikan kesempatan untuk berlindung. Ini segala sesuatu perlu ada gotong royong," ujar Donny dalam konferensi pers penanganan karhutla di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (23/9/2019).

Maka dari itu, Doni meminta bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk tidak
tidak saling menyalahkan satu sama lainnya. Permasalahan karhutlah bisa terselesaikan bila semua pihak gotong royong saling membantu.

"Apa yang dilakukan sekarang, bukan lagi saatnya saling menyalahkan mari bergandengan tangan untuk berkontribusi," jelasnya.

Doni juga menyebut Presiden Joko Widodo pun telah mengingatkan kepada seluruh pihak, baik gubernur, pangdam, dan kapolda di wilayah yang terjadi karhutla untuk menekankan pencegahan akan jauh lebih baik dari penanggulangan. Jangan sampai ada tambahan titik api.

"Bagaimana kita tingkatkan kolaborasi pusat, daerah, dan seluruh komponen di daerah, dunia usaha, dan komunikasi, serta media pers, Dewan Masjid Indonesia, sangat kami butuhkan agar berbagai kesempatan upaya-upaya kerja keras telah dilakukan perlu diimbangi doa supaya tuhan memberikan kemudahan bagi kita agar hujan bisa turun," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7814 seconds (0.1#10.140)