TNI Kerahkan Belasan Ribu Prajurit ke Situbondo

Kamis, 05 September 2019 - 19:34 WIB
TNI Kerahkan Belasan Ribu Prajurit ke Situbondo
TNI Kerahkan Belasan Ribu Prajurit ke Situbondo
A A A
SURABAYA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengerahkan 11.833 pasukan gabungan tiga matra, TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara untuk melaksanakan latihan tempur.

Terhitung mulai 9-12 September 2019 mendatang, pasukan gabungan tersebut akan mengerahkan kemampuan dalam bertempur dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2019, di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir di Asembagus, Situbondo, Jawa Timur.

Kesiapan Latihan Gabungan (Latgab) TNI Dharma Yudha 2019 dilaksanakan di Dermaga Koarmada II Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (5/9/2019). Apel yang melibatkan 1.123 prajurit tiga matra dipimpin oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, mengatakan manuver lapangan ini merupakan tahap kedua dari Latgab TNI dengan sandi Dharma Yudha 2019. Pada minggu sebelumnya, tahapan Latgab TNI 2019 telah dilaksanakan Geladi Posko di Kesatrian Sesko TNI di Bandung pada tanggal 26 Agustus hingga 3 September 2019.

"Gladi posko merupakan simulasi hubungan kerja antara komandan dengan staf-staf semua dalam perencanaan. Perintah diterima, gimana eksekusi perencanaan itu,"katanya

Manuver kali ini, lanjut Andika, bagaimana pasukan gabungan menghentikan sebuah agresi yang mengancam kedaulatan NKRI. Selain itu, pasukan gabungan akan menggunakan alat-alat khusus terutama alat komunikasi yang baru dalam hal keutuhan komunikasi antara elem-elemen udara, laut dan darat yang sebelumnya belum pernah dilakukan.

"Karena memang ada peralatan komunikasi yang baru, kita beli khususnya yang dimiliki oleh Angkatan Udara yang akan kita gelar. Ini berarti menambah kesempurnaan dari tahun-tahun sebelumnya,"kata dia.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan KSAD menyatakan, semua prajurit TNI yang akan melaksanakan latihan, baik matra darat, laut, maupun udara, pasti sudah siap karena sudah melakukan latihan dengan baik dan penuh kesungguhan.

“Saya yakin kalian mampu untuk menunjukkan yang terbaik karena latihan puncak angkatan yang telah dilaksanakan, seluruhnya berjalan dengan memuaskan,” kata Panglima TNI.

Latgab TNI 2019 dengan sandi Dharma Yudha kali ini mengambil tema Komando Gabungan TNI melaksanakan kampanye militer di mandala operasi dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI”.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7766 seconds (0.1#10.140)