Cara Pandang Masyarakat Berubah Jika Ibu Kota Pindah

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 22:02 WIB
Cara Pandang Masyarakat Berubah Jika Ibu Kota Pindah
Cara Pandang Masyarakat Berubah Jika Ibu Kota Pindah
A A A
JAKARTA - Founder Bhinneka Institute, Arya Mahendra Sinulingga menilai dipindahnya Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan akan membuka kaca mata baru bagi masyarakat Indonesia. Sebab, masyarakat di Indonesia hanya memandang semua aspek dari kaca mata Jakarta maupun Jawa.

"Dengan memindahkan Ibu Kota ini akan ada sebuah kaca mata baru dalam melihat Indonesia, baik itu sosial, politik, budaya akan berbeda kalau kita berhasil memindahkan itu ke Kalimantan," ujar Arya dalam talkshow akhir pekan Polemik MNC Trijaya Network bertajuk 'Gundah Ibu Kota Dipindah', di d'consulate, Jakarta Pusat, Sabtu (24/8/2019).

Arya menambahkan, pemindahan Ibu Kota ini juga akan membuat pemerataan ekonomi dan mengubah juga pola-pola politik serta cara pandang yang selama ini selalu dikatakan Jakarta sentris hingga Jawa sentris.

"Selalu dalam pandangan politik karena memang berbeda masyarakat di Jawa dan Jakarta dengan di daerah sehingga selalu kaca mata Jakarta, kaca mata Jawa dipakai untuk melihat Indonesia," jelasnya.

Maka dari itu, Arya menegaskan pemindahan Ibu Kota tidak hanya masalah infrastruktur. Karena itulah semua pihak harus mendorong Jokowi untuk membuat sejarah bagi bangsa Indonesia.

"Yang pasti kita dorong Pak Jokowi untuk buat sejarah karena ini awal langkah kita menuju Indonesia yang berbeda dibanding sebelumnya. Mudah-mudahan dalam tempo 3 atau 4 tahun ini sudah jadi, kalau lihat gaya Pak Jokowi cepat jadi," tutupnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5187 seconds (0.1#10.140)