Pengamat: Menteri dari Parpol Jarang Bertahan 2 Periode di Kabinet

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 08:06 WIB
Pengamat: Menteri dari Parpol Jarang Bertahan 2 Periode di Kabinet
Pengamat: Menteri dari Parpol Jarang Bertahan 2 Periode di Kabinet
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menilai Presiden Joko widodo (Jokowi) bisa saja banyak mempertahankan menteri dari kalangan profesional yang dianggap memenuhi ekspektasi publik.

"Namun itu semua ada di pikiran dan saku baju Jokowi," kata Ujang saat dihubungi SINDOnews, Kamis (22/8/2019).

Dalam periode kedua nanti, Analis Politik asal Universitas Al Azhar Indonesia ini memprediksi Jokowi akan mempertahankan menteri dari parpol dan profesional yang dianggap bekerja baik dan memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi selama ini.

Namun, kata Ujang, jumlah menteri lama dari parpol biasa jarang yang bertahan dua periode. Menteri dari parpol biasanya satu periode dan partai akan menggantinya dengan nama baru.

Sebaliknya jika ada menteri lama yang dipertahankan dari unsur parpol, menteri tersebut diprediksi tidak akan lama. Menurutnya, parpol memiliki tradisi untuk mengganti kader yang duduk di kabinet jika dipandang partai membutuhkan tenaganya untuk membantu partai.

"Dan mungkin untuk menteri lama dari profesional yang akan lebih banyak dipertahankan. Karena selain karena tidak ada konflik kepentingan dengan partai, menteri dari profesional sangat dibutuhkan Jokowi," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3549 seconds (0.1#10.140)