Inilah Tekad Politik PDIP Hasil Kongres V di Bali

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 13:04 WIB
Inilah Tekad Politik PDIP Hasil Kongres V di Bali
Inilah Tekad Politik PDIP Hasil Kongres V di Bali
A A A
DENPASAR - Kemenangan PDIP pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019 menjadi momentum untuk mempertegas dan membuktikan bahwa pilihan ideologi Pancasila dan jalan Trisakti adalah satu-satunya cara untuk mencapai Indonesia sejahtera yang berkeadilan sosial. Karena itu, PDI Perjuangan bertekad untuk meneguhkan diri sebagai poros kekuatan politik nasional yang berfungsi sebagai partai utama pengusung pemerintah yang terus berjuang bersama rakyat.

PDIP Perjuangan siap utuk memastikan, mengarahkan, mengawal, dan mengamankan kebijakan-kebijakan politik dan program kerja pemerintah Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin agar tetap mengandung satu muatan, satu arah, serta satu haluan ideologi, Pancasila, berpijak pada konstitusi UU NRI Tahun 1945, dan memilih jalan Trisakti.

Kongres V PDIP pun menyatakan tekad politik sebagai berikut:

1. PDI Perjuangan solid bergerak bersama Rakyat menghadapi ancaman konflik dan disintegrasi bangsa yang dipicu oleh gerakan radikalisme, terorisme, penyeragaman tafsir dan klaim kebenaran tunggal serta pemaksaan kehendak oleh segelintir kelompok masyarakat yang bertentangan dengan ideologi Pancasila, termasuk gerakan Khilafah yang hendak menggantikan Pancasila. PDI Perjuangan mendesak Pemerintah untuk segera melakukan langkah-langkah konstitusional secara terencana, terukur dan sistematis untuk menyelamatkan kehidupan berbangsa dan bernegara demi mempertahankan NKRI di atas pondasi Pancasila, UUD NKRI Tahun 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

2. PDI Perjuangan solid bergerak bersama Rakyat mewujudkan berdikari dalam bidang ekonomi dan keberpihakannya pada wong cilik sebagai kekuatan produksi nasional yang menopang berjalannya sistem ekonomi kerakyatan, yaitu sistem ekonomi gotong-royong yang berlandaskan ideologi Pancasila guna melakukan koreksi terhadap berjalannya sistem ekonomi neo-liberal.

3. PDI Perjuangan solid bergerak bersama Rakyat untuk mewujudkan kepribadian dalam kebudayaan nasional melalui jalan gerakan kebudayaan di seluruh pelosok Nusantara.

4. PDI Perjuangan solid bergerak bersama Rakyat melawan kemiskinan dan ketimpangan struktural, mencegah berbagai bentuk penghisapan guna melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, serta menjamin terpenuhinya hak-hak dasar warga negara Indonesia.

5. PDI Perjuangan solid bergerak bersama Rakyat membangun manusia Indonesia unggul, produktif, berdaya saing dan mandiri, yang berkepribadian dalam kebudayaan Indonesia.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5594 seconds (0.1#10.140)