Ketua Harian PDIP, Puan Maharani atau Prananda Prabowo?

Rabu, 07 Agustus 2019 - 15:12 WIB
Ketua Harian PDIP, Puan Maharani atau Prananda Prabowo?
Ketua Harian PDIP, Puan Maharani atau Prananda Prabowo?
A A A
JAKARTA - Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) salah satu agenda utamanya adalah memilih ketua umum. Megawati Soekarnoputri kemungkinan besar akan kembali terpilih sebagai ketua umum PDIP periode 2019-2024.

Selain memilih ketua umum, menjelang kongres juga muncul wacana untuk memilih ketua harian. Dua anak Megawati, Puan Maharani dan Prananda Prabowo disebut-sebut berpotensi menjabat sebagai ketua harian.

Terkait hal ini, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, soal ada tidaknya ketua harian, termasuk siapa orangnya baru akan terjawab dalam Kongres V yang akan dimulai pada 8-11 Agustus di Bali.

"Itu dijawab pada hari kedua Kongres. Nanti ya dijawab pada hari kedua," ucap Hasto saat jumpa pers di Grand Inna Bali Beach Hotel, Bali, Rabu (7/8/2019).

Dia mengatakan, semuanya akan ada momentumnya. Apakah memang ada jabatan itu atau tidak. Berdasarkan informasi yang dihimpun, usai Megawati dikukuhkan menjadi Ketum lagi, baru akan dibahas susunan kepengurusan yang baru. "Kan setiap ini ada momentum," kata Hasto.

Sebelumnya, Ada dua nama yang disebut-sebut akan mengisi ruang itu, jika pun ada. Keduanya juga memiliki trah Sukarno. Yakni Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

"Prananda di partai juga lama. Mbak Puan juga. Mbak Puan itu sudah sejak SMA. Di PDIP tidak ada kader yang instan, selalu mulai dari bawah. Jadi menurut saya ya sangat berpeluang dan sangat pantas," kata Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat.

Mantan Gubernur DKI itu, memandang, kakak beradik tersebut bukan menjual embel-embel cucu Presiden RI pertama Soekarno. Namun keduanya mengamalkan ajaran sang proklamator. "Kalau kita melihat Bung Karno bukan masalah sosok beliau aja ya, tapi juga dari ajarannya," tutur Djarot.

Nama Puan Maharani sendiri juga santer disebut bakal menduduki kursi Ketua DPR Periode 2019-2024. Berdasarkan UU MD3, partai pemenang pemilu berhak atas kursi ketua DPR. Hasil Pemilu 2019 lalu, PDIP kembali berhasil memenangkan pemilu dengan perolehan kursi di DPR sebanyak 128 kursi, naik signifikan dari hasil Pemilu 2014 sebanyak 109 kursi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9163 seconds (0.1#10.140)