Ma'ruf Amin Sebut Rekonsiliasi Tidak Berarti Bagi-bagi Kursi

Kamis, 25 Juli 2019 - 21:46 WIB
Maruf Amin Sebut Rekonsiliasi Tidak Berarti Bagi-bagi Kursi
Ma'ruf Amin Sebut Rekonsiliasi Tidak Berarti Bagi-bagi Kursi
A A A
DEPOK - Wakil Presiden terpilih, Ma'ruf Amin mengatakan, perihal susunan kabinet merupakan kewenangan Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi). Saat ini kata dia, prosesnya sedang berjalan.

"Soal kabinet Pak Jokowi sedang menerima masukan dari partai koalisi, kalangan profesional, dan juga dari berbagai kelembagaan yang merasa mempunyai orang yang patut untuk menyampaikan, itu lagi diseleksi beliau," kata Ma'ruf ditemui di Depok, Kamis (25/7/2019).

Dirinya pun tak ingin gegabah memberikan kesimpulan terkait isu yang menyebut Partai Gerindra bakal masuk dalam koalisi pemerintah. Menurutnya, reskonsiliasi bisa mengandung banyak tafsir namun bukan berarti bagi-bagi kursi.

"Itu nanti dibicarakan lah bentuknya seperti apa, kan rekonsiliasi itu banyak tafsis. Yang jelas, rekonsiliasi tidak berarti bagi-bagi kursi, tidak berarti negosiasi," tegasnya.

Dikatakan dia, yang paling penting saat ini adalah memahami makna rekonsiliasi itu sendiri. "Sekarang kan harus diclearkan rekonsiliasi yang kita maksud ini seperti apa. Lalu apa porsi masing masing koalisi ini," ucapnya.

Mengenai pertemuan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, dirinya menuturkan itu adalah silaturahmi.

"Saya kira bagus ya, elite politik kita itu sudah harus mulai bersilaturahmi supaya tidak ada lagi ketegangan-ketegangan yang masih masih tersisa," katanya.

Pertemuan tersebut tidak hanya mengilangkan ketegangan pasca pemilihan presiden, namun juga mampu meredam kecurigan sejumlah pihak. Menurutnya pertemuan tersebut sangat bagus karena bisa mempersatukan akar rumput.

"Sama Pak Jokowi sudah, kemudian sama Bu Mega, ya terus bersilaturahmi dengan yang lain sehingga tidak ada sisa ketegangan dan kecurigaan juga gitu loh. Saya kira itu bagus sekali ya, dan supaya punya pengaruh di akar rumputnya agar tidak terbelah lagi," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5586 seconds (0.1#10.140)