Ketua DPR Ingatkan Jokowi-Ma’ruf Pentingnya Check and Balances di Parlemen

Kamis, 25 Juli 2019 - 13:54 WIB
Ketua DPR Ingatkan Jokowi-Ma’ruf Pentingnya Check and Balances di Parlemen
Ketua DPR Ingatkan Jokowi-Ma’ruf Pentingnya Check and Balances di Parlemen
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) memberikan pesan kepada Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin yang saat ini tengah membentuk Kabinet Kerja Jilid II. Bamsoet memercayakan Jokowi memilih putera-puteri terbaik bangsa untuk masuk kabinet serta, menekankan pentingnya peranan kontrol dan penyeimbang pemerintah (check and balances) di Parlemen untuk memperkuat demokrasi.

“Pidato kali ini saya beri judul “Menanti Kabinet Baru”. Selanjutnya, atas nama pimpinan dewan, izinkan saya menyampaikan ucapan selaman kepada pasangan Bapak Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih,” ujar Bamsoet membuka pidato penutupan masa sidang DPR di Ruang Rapat Paripurna DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Bamsoet menuturkan bahwa banyak tantangan yang akan dihadapi Jokowi-Ma’ruf di depan cukup berat terutama dalam menghadapi realitas masyarakat yang terbelah akibat persaingan yang keras selama pilpres kemarin. Namun, ia bersyukur karena Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sudah bertemu.

Dia berharap bahwa luka di masyarakat dpaat terinati dan masyarakat akan kembali teduh dan damai. “Saatnya kita menatap ke depan dan mengajak semua elemen masyarakat untuk bersatu kembali, bersama-sama membangun bangsa demi kemajuan negeri yang kita cintai,” harapnya.

Terkait dengan pembentukan kabinet Jokowi-Ma’ruf, ia dapat memahami bahwa saat ini Jokowi tengah melakukan seleksi dan simulasi mengenai format dan wajah kabinet seperti apa yang akan dibangun.

Bamsoet berpesan agar Jokowi bisa memilih putera-puteri terbaik bangsa, baik yang berasal dari parpol maupun non parpol agar akselerasi pembangunan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan. Serta, penting bagi pemerintah untuk tetap menjaga peran check and balances di Parlemen sebagai amanat konstitusi.

“Apapun format dan wajah kabinet mendatang, kami berharap sebaiknya mekanisme check and balances, antara pemerintah dan DPR, tetap terjaga dengan baik, sesuai dengan amanat Konstitusi,” pesannya.

“Karena tegaknya mekanisme check and balances akan memperkuat sistem demokrasi dan pemerintahan itu sendiri. Kita memerlukan Pemeritahan yang kuat agar program pembangunan berjalan dengan efektif. Tetapi pada waktu yang bersamaan kita juga memerlukan Parlemen yang bertenaga agar pengawasan berjalan dengan baik,” tambahnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5485 seconds (0.1#10.140)